Minggu, 26 April 2015

Tips jitu perangi stress

Kehidupan modern saat ini menuntut persaingan yang sangat kompetetif. Banyak orang berlomba-lomba meraih prestasi dan bekerja sekuat tenaga untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Hal tersebut tentu merupakan sesuatu yang positif, namun kita juga harus menyadari sisi negatif kehidupan modern yang sangat mungkin kita alami. Yak, stress merupakan momok bagi siapapun, baik pekerja kantoran, pekerja jalanan, bos maupun karyawan. Lalu apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk memerangi stress? Berikut penjelasannya :

- Konsumsi makanan sehat. Ganti kopi anda dengan dengan jus nikmat dan sehat. Usahakan mengurangi konsumsi gula dan garam. Hindari juga junk food yang berakibat buruk untuk kesehatan.

- Olah raga rutin minimal seminggu tiga kali. Pilihan olahraga yang baik adalah yang mampu memacu detakjantung, seperti aerobik, berlari, dan jalan kaki.

- Beribadah dan berdoa. Cara ini bisa dikatakan yang paling ampuh untuk memberikan kita rasa
tenang. Untuk mereka yang muslim berwudu kemudian sholat dan mengaji akan bermanfaat meningkatkan keimanan sekaligus mengurangi stress.

- Bersosialisasi dengan warga, atau rekan kerja. Sosialisasi terbukti mampu memberikan kita rasa senang sekaligus mengurangi stress. Komunikasi tentunya hanya dibatasi pada hal-hal yang perlu dan hindari sosialisasi yang membuang waktu.

- Pelajari berbagai macam teknik relaksasi. Ada berbagai macam pilihan seperti yoga, meditasi dll yang mampu menurunkan stress.

- Cukup istirahat/cukup tidur. Tidak bisa dipungkiri bahwa cukup tidur akan bermanfaat untuk kesehatan kita secara menyeluruh.

- Bermain dan mendengarkan alunan musik. Bermain dan mendengarkan musik mampu mengurangi stress dan memberikan kita kesenangan tertentu. Anda juga bisa melakukan aktifitas yang lain sesuai dengan kegemaran masing-masing.

- Keluar rumah dengan berjalan jalan dan menikmati panorama sekitar serta kesejukan udara dipagi dan sore hari akan sangat bermanfaat menurunkan stress.

- Jagalah kebersihan dan kerapihan rumah dan tempat kerja anda. Rumah dan tempat kerja yang bersih dan rapi akan memberikan kita kenyamanan lebih, dibanding tempat koto dan berantakan yang justru akan membuat pikiran kita mudah kacau.

1 komentar: