Minggu, 05 April 2015

Cerdas menurunkan berat badan

Tubuh langsing merupakan dambaan siapapun, mungkin termasuk juga anda. Banyak orang melakukan berbgai macam diet ketat untuk mendapatkan tubuh ideal, namun selalu jatuh pada kenyataan yang sama yakni tidak dapat menurunkan berat badan. Berbagai metode banyak ditawarkan dengan iming-iming "berat badan turun drastis" atau mungkin banyak pil pelangsing yang hanya mampu menurunkan berat badan dalam waktu sesaat namun dalam hitungan hari berat badan tersbut kembali lagi atau bahkan melebihi berat badan sebelumnya. Lalu adakah yang salah dengan hal tersebut?

Dnp Weight Loss

Pada dasarnya menurunkan berat badan harus difokuskan pada pengurangan lemak tubuh. Dan model yang kita anut adalah penurunan berat badan jangka panjang dan bukan jangka pendek. Karena seperti kita tahu bahwa obesitas atau kegemukan merupakan kelebihan lemak dalam tubuh. Sebelum
memulai program pengurangan lemak terlebih dahulu kita harus mengetahui Body mass Index/BMI untuk menunjukkan berapa banyak kandungan lemak dalam tubuh. Rumusnya adalah :

BMI = BB(kg)/(tinggi badan (m)*tinggi badan (m)). Angka ideal berada pada kisaran 20-25 namun jika anda melebihi angka tersebut maka bisa jadi anda mengalami obesitas yang rawan terhadap berbagai macam serangan penyakit seperti stroke, jantung, tekanan darah tinggi dan juga kanker. Tahukah anda bahwa lemak merupakan sumber kalori terbesar dibandingkan dengan karbohidrat dan protein, 1 gram lemak sepadan dengan 9 kalori, sedangkan 1 garam karbohidrat sepadan dengan 4 kalori. Menurunkan berat badan harus dengan cara cerdas yang artinya kita perlu mengatur asupan gizi yakni 50%karbohidrat, 20%protein, dan <30% lemak dari total asupan kalori setiap hari.

Bila anda menginginkan tubuh ideal dan bebas dari berbagai ancaman penyakit itu berarti anda harus melakukan diet sehat, dan mutlak harus mengurangi asupan lemak. Dibutuhkan asupan lemak untuk pria 40-60 gram setiap hari dan untuk wanita 30-50 gram per hari. Metode cerdas perlu kita anut yakni belanja dengan cerdas, kemudian memasak dengan cerdas serta makan dengan cerdas.

Tips berbelanja: Pilihlah makanan yang rendah lemak atau bebas lemak, dan jika anda memilih berbagai macam makanan di supermarket pilihlah makanan dengan kandungan lemak kurang dari 10gr/100gr makanan.
 Tips memasak: Untuk mendapatkan makanan rendah lemak anda dapat memasak dengan cara merebus, panggang dan tim, ingat untuk menghindari cara menggoreng atau menumis.
 Tips makan : Isilah piring anda dengan makanan rendah lemak. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur serta hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti mentega, kulit ayam, es krim,coklat, keju, cream soup dll. Serta jadilah seseorang yang banyak tahu tentang berbagai kandungan lemak pada makanan sehingga kita tetap aman dari timbunan lemak.

Daftar makanan dengan kandungan lemak tinggi : Es krim, keripik, daging olahan, gorengan, minuman bersoda, makanan cepat saji, roti, kuah daging, aneka cream, mayones dan juga kopi instan.

1 komentar: