Kamis, 02 April 2015

tentang asma

Sangat penting bagi penderita untuk mengetahui dengan jelas seluk beluk asma, memahami alergi diri sendiri serta mengetahui tindakan penanganan atau pencegahan. Semakin baik anda mengenal asma maka akan semakin baik anda mencegah dan mringankan efeknya. Memang peran dokter sangat diperlukan namun lebih diperlukan lagi peran aktif dari seorang penderita untuk pencegahan karena seseorang pasti lebih memahami dirinya sendiri dibanding orang lain termasuk dokter sekalipun. Berteman dengan asma merupakan solusi, namun jika anda justru membenci asma maka tidak akan banyak menolong. Jika suatu hari anda bangun dengan kondisi lemas dan kurang fit maka hindari jalanan dengan polusi tinggi termasuk juga asap rokok. Sangat penting untuk mengetahui makanan penyebab alergi sehingga serangan asma dapat diminimalisir. Serangan asma yang sangat
menakutkan adalah serangan yang mendadak/tiba tiba yang bisa disebabkan oleh reaksi terhadap makanan dan juga aroma tententu dari makanan.

Mencegah serangan asma

Pemicu asma selain beberapa hal disebut diatas juga sangat erat kaitannya dengan kebersihan rumah, lingkungan kerja dan daerah sekitarnya. Kebersihan rumah dan kebersihan tempat kerja wajib diperhatikan. Hindari berbagai macam penyebab alergi. Konsumsi supplemen atau multivitamin akan sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh, selain juga olah raga untuk melatih paru paru dan otot jantung. Untuk olah raga apa yang baik silahkan konsultasi dengan dokter karena jika sembarangan justru akan berbahaya bagi penderita asma. Diet sehat juga sangat berpengaruh seperti menkonsumsi makanan tinggi serat dan rendah lemak. Ikuti pola makan seimbangan dengan mengkonsumsi 50% karbohidrat, 30% protein dan 20 % lemak. Tips terakhir adalah mempelajari pola pernafasan yang benar.

Beberapa jenis asma

Asma dibagi menjadi 4 macam yakni asma yang menyerang orang dewasa yang dimulai pada usia 20 an, asma karena olah raga yang menyebabkan paru paru membengkak, asma musiman yang terjadi pada masa-masa tertentu seperti penyerbukan tanaman serta asma nocturnal yang disebabkan oleh berbagai macam alergi.

1 komentar: