Minggu, 26 April 2015

Dua gambaran istimewa diet atkins

Gambar pertama adalah saya sedang berdiri dibelakang meja makan besar dengan tumpukan makanan, dengan ekspresi senang dan tanpa kekhawatiran mengkonsumsinya. Makanan tersebut terdiri dari biji-bijian dan kacang-kacangan, ikan, lobster, daging dan steak. Terdapat juga sayuran dan buah dalam jumlah yang sangat banyak seperti blueberry, srawberry dan sayuran hijau. Terdapat juga keju yang kesemuanya dapat anda konsumsi ketika anda menjalani diet atkins untuk penurunan berat badan, dan diet konsumsi makanan untuk seumur hidup. Semua makanan tersbeut merupakan makanan lezat yang mengundang selera makan. Jika anda percaya bahwa menurunkan berat badan akan kehilangan banyak hal nikmat maka diet atkins akan mengajarkan sebaliknya, yakni dengan makanan nikmat yang berlimpah. 

Gambar yang kedua adalah anda dalam kondisi badan yang sehat dan segar bugar siap melaksanakan berbagai aktifitas, berolah raga secara teratur untuk membentuk badan lebih baik dan hari-hari penuh dengan energi. Tanpa sedikitpun kekhawatiran akan kenaikan berat badan, dan menjalani hari dengan penuh semangat. Semua berjalan begitu sempurna, berat badan tetap terjaga dan kita dapat menjalani hidup dengan rasa senang. Kedua gambaran diatas merupakan hal yang akan kita dapatkan bila menjalankan diet atkins yang tidak akan didapatkan bila melaksanakan dfiet yang lainnya. 

Bab I Janji diet atkins

Penurunan berat badan, energi yang meningkat, lebih bugar, diet atkins akan menunjukkan jalan untuk anda. Bukan hanya itu karena diet atkins juga akan mengubah pola pikir kita dan akan bertahan selamanya. Jika anda seperti banyak orang lain yang telah mencoba berbagai cata menurunkan berat badan seperti low fat diet, grapefruit diet, atau food combining diet maka kita akan diajari cara menghitung kalori, namun pada akhirnya kita bukan keberhasilan yang kita dapatkan. Atau mungkin anda berhasil menurunkan berat badan dengan cara menahan lapar dan anda akan rindu kehidupan yang dulu dimana anda bebas mengkonsumsi apapun, sehingga berat anda sedikit demi sedikit akan naik bahkan melebihi berat anda sebelumnya. 

Hal tersbut bisa disebut dengan diet yo-yo, dan diet atkin memiliki solusi untuk hal tersebut, dan akan membuat hebit permanen untuk kebiasaan makan anda  dengan manfaat : 
1. Akan menurunkan berat badan tanpa repot menghitung kalori 
2. Membuat kita merasa dan tampak lebih baik

Pengantar diet atkins

Artikel atau buku panduan diet atkin didesain untuk merevisi berbegai macam informasi yang terlanjur tersebar luas tentang diet yang salah yang justru memicu peningkatkan berat badan. Buku diet atkins juga terjual jutaan copy dan merupakan best seller diet di US yang telah dijadikan pedoman oleh banyak orang untuk menurunkan berat badan. 

Banyak orang yang telah membuktikan manfaat diet atkins dengan mendapatkan penurunan berat badan, mampu menjaga berat ideal dan mampu meningkatkan kesehatan / kebugaran mereka. Perkembangan dunia medis saat ini juga terus berkembang dan revolusi diet telah menemukan titik terang penurunan berat badan dengan karbohidrat yang terkontrol, pelan-pelan teori ini mulai

Tips jitu perangi stress

Kehidupan modern saat ini menuntut persaingan yang sangat kompetetif. Banyak orang berlomba-lomba meraih prestasi dan bekerja sekuat tenaga untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Hal tersebut tentu merupakan sesuatu yang positif, namun kita juga harus menyadari sisi negatif kehidupan modern yang sangat mungkin kita alami. Yak, stress merupakan momok bagi siapapun, baik pekerja kantoran, pekerja jalanan, bos maupun karyawan. Lalu apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk memerangi stress? Berikut penjelasannya :

- Konsumsi makanan sehat. Ganti kopi anda dengan dengan jus nikmat dan sehat. Usahakan mengurangi konsumsi gula dan garam. Hindari juga junk food yang berakibat buruk untuk kesehatan.

- Olah raga rutin minimal seminggu tiga kali. Pilihan olahraga yang baik adalah yang mampu memacu detakjantung, seperti aerobik, berlari, dan jalan kaki.

- Beribadah dan berdoa. Cara ini bisa dikatakan yang paling ampuh untuk memberikan kita rasa

Sabtu, 25 April 2015

Nutrisi bagi penderita kanker

Kanker, memang penyakit yag terdengar sangat mengerikan. Ketika salah seorang dari keluarga divonis menderita kanker merupakan ujian luar biasa yang tak jarang membuat kita putus asa. Dari sekian banyak penderita kanker sebenarnya tak sedikit penderita yang justru bisa survive melawan penyakit ini, mereka bisa melewati masa pengobatan dan mampu beraktifitas seperti sediakala. Apakah yang mempengaruhi hal tersebut?

Penderita kanker memerlukan kecukupan asupan nutrisi, karena bila kekurangan justru berbahaya dan berpotensi terhadap kematian. Untuk membantu mereka yang menderita kanker diperlukan dukungan dari orang-orang disekitarnya. Salah satu bantuan yang bisa diberikan adalah memberikan dukungan semangat hidup dan memberikan dorongan untuk selalu berfikir positif. Penderita kanker yang menjalani kemoterapi biasanya mengalami berbagai efek negatif seperti rambut rontok, kuku menghitam dan berat badan turun, lidah mereka juga selalu tidak enak merasakan makanan jenis

Jumat, 24 April 2015

Kenali Penyebab perut kembung

Mungkin bagi sebagian orang perut kembung merupakan suatu hal yang sepele karena keluhan ini datang dan pergi begitu saja. Namun dalam beberapa kasus perut kembung bisa menjadi sesuatu yang menjengkelkan karena sering datang namun cukup sulit untuk disembuhkan. Kadang memang kita merasa malu bila sering bersendawa didepan umum, atau mungkin merasa tidak nyaman bila sering buang angin. Bila anda mengalami perut kembung, mungkin ada beberapa hal yang salah dari pola makan karena perut kembung erat kaitannya dengan pencernaan.

Berikut adalah beberapa penyebab dari perut kembung antara lain:
 1. Makan dalam porsi yang besar/banyak
 2. Menelan terlalu cepat
 3. Makan dengan terburu-buru
 4. Kurangnya konsumsi sayur dan buah
 5. Kebiasaan buruk merokok

Untuk poin 1-4 akan kita bahas dibawah, namun poin 5 kebiasaan merokok akan mengakibatkan perut kembung karena dengan merokok akan banyak kandungan gas ikut masuk ke dalam lubang lambung, hal inilah yang menyebabkannya. Pengaruh makanan dan cara makan memang berakibat pada keluhan ini, nah sebelum membahas lebih jauh ada baiknya kita mengetahui tentang sistem pencernaan dalam tubuh. Saluran pencernaan merupakan sistem dalam tubuh yang berhubungan langsung dengan dunia luar, yang artinya bila pola makan buruk makan kesehatan pencernaan kita akan terganggu. Karena hubungan langsung tersebut kita perlu berhati-hati terhadap bahaya paparan berbagai macam mikroorganisme yang terdapat pada lingkungan sekeliling termasuk juga makanan. Karena ancaman tersebut tubuh akan secara dinamis membentuk sistem pertahanan untuk mencegah terjadinya penyakit, namun ada kalanya saat kondisi kita kurang fit maka tidak terjadi keseimbangan sehingga timbul gangguan pada tubuh seperti perut kembung dan diare.

Nah, sistem pencernaan kita bermula dari makanan yang masuk melalui mulut yang telah dihaluskan oleh gigi dan dibantu oleh enzim ptialin. Enzim sangat berperan dalam penyerapan zat-zat makanan dalam sistem pencernaan. Selain enzim ptialin terdapat juga beberapa jenis enzim yang terdapat pada lambung kita. Enzim-enzim tersebut harus tersedia dalam jumlah yang cukup proses penyerapan vitamin dan mineral tidak akan berjalan dengan baik.

Berikut adalah beberapa enzim pencernaan:
 1. Protease : Membantu memecah protein
 2. Lipase : Membantu memcah lemak
 3. Amilase : Membantu memecah karbohidrat

Lalu mengapa beberapa kebiasaan buruk saat makan dapat menyebabkan perut kembung?
 Makanan yang tidak terkunyah dengan baik akan membuat kerja lambung tidak baik pula yang juga tidak memberi kesempatan pada enzim untuk bekerja. Hal tersebut juga mengakibatkan lebih banyaknya gas yang masuk ke dalam mulut. Selain hal tersebut ada beberapa makanan yang dapat memicu perut kembung antara lain :jagung, kol, mie.
 Nah, selain beberapa faktor diatas yang menyebabkan perut kembung, faktor usia juga ikut mempengaruhi karena jumlah ketersediaan enzim pada tubuh manusia akan optimal pada umur 30 an, namun diatas usia tersebut akan menurun.

Kamis, 23 April 2015

Waspda terhadap karbohidrat dan Lemak

 Karbohidrat merupakan zat pati dan zat gula. Selain pada nasi, zat pati juga terkandung pada roti, sereal, pasta, jagung dan juga kentang. Sedangkan gula juga terkandung pada buah dan sayuran. Sebagai penderita diabetes anda masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi gula dan zat pati, namun seberapa jumlah takarannya ahli gizi atau dokterlah yang menentukan. Yang kedua adalah lemak. Lemak memang tidak dapat meningkatkan kadar gula dara sebesar apa yang dilakukan oleh karbohidrat. Namun jangan salah karena 1 gram lemak akan menghasilkan kalori sebesa 2x lipat daripada kalori yang dihasilkan oleh karbohidrat. Hal itu berarti semakin banyak kita mengkonsumsi lemak maka semakin tinggi kemungkinan kita untuk mengalami kelebihan berat badan. Bagi penderita diabetes kelebihan berat badan merupakan masalah besar karena tubuh akan semakin sulit untuk memanfaatkan insulin. Berusahalan untuk menurunkan antara 5-10 kg, maka anda akan lebih mampu mengendalikan gula darah.

Nah untuk menurunkan berat badan salah satunya adalah mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi seperti susu, keju, mentega, margarin, sosis dan juga daging berlemak.

Penting untuk menakar porsi makanan
 Semakin banyak porsi yang anda makan maka kemungkinan mengkonsumsi karbohidrat, lemak, dan kalori akan semakin tinggi juga. Ingatlah untuk selalu menakar beberapa jenis makanan sesuai dengan saran dokter/ahli gizi. Aturlah jadwal makan anda 3x sehari dan diselingi dengan 2x camilan, serta minumlah obat sesuai yang dijadwalkan oleh dokter.

Untuk melaksanakan diet sehat anda juga perlu membaca banyak referensi tentang makanan, termasuk juga piramida makanan untuk diabetes. Piramida makanan bisa kita jadikan referensi untuk menjaga pola makan untuk mengurangi efek negatif dari diabetes.