Selasa, 07 Januari 2014

Berbagai Manfaat Minyak Kelapa

Daftar Isi
Intro : Mitos Minyak kelapa
Bagian 1: Minyak Kepala untuk kesehatan Rambut
Bagian 2: Minyak Kelapa untuk perawatan Kulit
Bagian 3: Minyak kelapa untuk menurunkan berat badan
Bagian 4: Minyak Kelapa untuk kesehatan Saluran Pencernaan
Bagian 5: Minyak Kelapa untuk menjada imunitas tubuh
Bagian 6: Minyak Kelapa untuk Mengobati Infeksi
Bagian 7: Minyak kelapa untuk  Mencegah Penyakit Jantung
Kesimpulan

Intro : Mitos Mengenai Minyak Kelapa


Pohon Kelapa Merupakan pohon dengan banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Kebanyakan orang hanya mengetahui Manfaat kelapa sebaga sumber makanan, namun hanya sedikit yang mengetahui tentang manfaat sebenarnya yang terpendam dalam Pohon Kelapa. Banyak Negara-negara didunia yang menggunakan sekam/serabut kulit kelapa untuk dianyam
dengan kain untuk dijadikan tikar, bahan kerajinan, dan umumnya diluar negeri digunakan sebagai isolation(pelapis genteng) yang dipasang dibawah genteng untuk menurunkan suhu panas akibat sengatan matahari, dan lain sebagainya. Selain manfaat diatas, manfaat paling utama dari pohon kelapa adalah Buah kelapa itu sendiri. Daging dan air kelapa memiliki rasa yang lezat dan digunakan untuk memasak berbagai masakan dengan gaya yang berbeda-beda, serta santan merupakan unsur utama kari diseluruh dunia. 

Selama bertahun-tahun banyak sekali sumber yang telah mengungkapkan betapa pentingnya manfaat Minyak kelapa, terutama untuk pengobatan dan kesehatan. Hal inilah yang mendasari mengapa didunia barat minyak kelapa berkembang pesat dan menjadi buruan banyak orang yang kemudian diproduksi masal oleh banyak perusahaan karena tingginya permintaan masyarakat di seluruh dunia. Perusahaan tersebut biasanya mengolah minyak kelapa untuk dijadikan produk kecantikan dan bahan makanan.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang dimiliki minyak kelapa, ada perusahaan atau orang-orang yang dengan sengaja melebih-lebihkan berbagai manfaat dari minyak kelapa, mungkin untuk keuntungan material dan pemasaran produk, mereka menyebarkan fakta-fakta yang kurang benar mengenai minyak kelapa. Dalam artikel ini akan kita bahas berbagai anggapan yang "menyesatkan" tentang minyak kelapa, serta fakta-fakta tentanng manfaat minyak kelapa yang telah teruji secara klinis.

Bagian 1 : Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

Minyak kelapa untuk manjaga kesehatan serta menyembuhkan berbagai masalah kesehatan rambut.

Minyak kelapa telah lama diakui sebagai salah satu kondisioner alami terbaik di dunia. Banyak orang menggunakan Minyak kelapa sebagai kondisioner karena harganya yang murah dan memberikan hasil yang luar biasa. Banyak sekali manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut, diantaranya adalah menjaga kelembaban rambut, mamaksimalkan pertumbuhan rambut, memperkuat akar dan rambut, dan membuat kulit kepala bebas dari ketombe. Beberapa manfaat diatas dikarenakan oleh meningkatnya kandungan protein baik akar maupun rambut itu sendiri dikarenakan pemakaian minyak kelapa yang baik dan benar sehingga menghasilkan rambut yang lebih lebat dan lebih  kuat.

Saat ini banyak perusahaan di dunia yang menggunakan Minyak kelapa sebagai bahan campuran beberapa produk mereka, disisi lain banyak masyarakat yang beralih menggunakan bahan yang lebih alami untuk menjaga kesehatan rambut mereka.

Kunci utama dalam menggunakan produk-produk yang mengandung Minyak kelapa atau krim minyak kelapa adalah dengan melihat kandungan kimia yang terdapat didalamnya, yang biasanya tertera terdapat di bungkus atau botol masing-masing produk. Beberapa orang mungkin melarang penggunaan produk minyak kelapa, atau mitos-mitos yang berkembang berkaitan dengan pengaruh buruk dari minyak kelapa tersebut, namun mari kita simak beberapa kandungan minyak kelapa tersebut, baik atau burukkah untuk kesehatan rambut kita :

1. Lauric Acid
Kandugan Lauric Acid terdapat pada produk-produk minyak yang terbuat dari kelapa. Salah satu penyebab utama pengurangan/kerontokan rambut adalah mikroba yang berkembang di kulit kepala and akar rambut. Lauric Acid bekerja sebagai anti-microba yang berfungsi mencegah/menghambat perkembangan mikroba perusak sehingga dapat mengatasi kerontokan pada rambut. Selain berfungsi sebagai anti-microba Lauric acid juga berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Hal ini berarti bahwa Minyak Kelapa tidak hanya bagus untuk rambut anda, namun juga dapat mencegah kerontokan rambut apabila digunakan secara teratur.

2. Capric Acid
Minyak Kelapa murni bukan hanya mengandung Lauric Acid, namun juga mengandung Capric Acid yang mempunyai fungsi kurang lebih sama dengan Lauric Acid yaitu sebagai Anti-Microba yang bertugas menghambat dan mematikan baik di akar maupun rambut, serta mencegah rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

3. Vitamin E
Vitamin E terkenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Fatty Acids
Kandungan Fatty Acids dalam Minyak kelapa berfungsi sebagai anti-dandruff/anti ketombe alami yang lebih baik dari sampoo yang pada umumnya digunakan. Kandungan alaminya membuat banyak orang beralih ke bahan yang lebih murni dan aman, dan kandungan moisturizernya berfungsi untuk melembabkan rambut, yang memiliki fungsi seperti wax/gel rambut. Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena kita dapat tampil stylish plus kesehatan rambut dapat terjaga.

Bagian 2: Minyak Kelapa untuk merawat Kulit


Seperti sebelumnya disebutkan bahwa Minyak Kelapa kaya akan vitamin E yang berfungsi menjaga kesehatan kulit, menghilangkan noda, dan dapat melawan/mencegah kanker kulit.
Vitamin E juga berfungsi sebagai anti oxidant yang dapat melindungi kulit dari sengatan matahari, polusi, dan efek negatif dari asap rokok, dan radikal bebas lainnya. Bagi penderita cellulite, Minyak Kelapa juga berfungsi menyamarkan dan mencegah  stretch marks, karena Vitamin E berfungsi meregenerasi sel kulit yang rusak. Karena harganya yang terjangkau, banyak orang menggunakannya untuk pengganti Sun-Cream/Sun Block, karena kandungan alaminya.

Minyak kelapa juga berfungsi sangat baik sebagai pelembab, tidak seperti pelembab kimia, pelembab alami ini tidak menimbulkan rash/ruam di kulit, sehingga aman digunakan untuk semua umur.
Minyak kelapa juga banyak digunakan sebagai terapi penyembuhan gangguan kulit seperti Psoriaris, dermatitis, dan eczema.

Dan fungsi terakhir adalah sebagai krim anti penuaan, kandungan antioxidan dalam Minyak kelapa terbukti ampuh sebagai proteksi kulit dari sinar matahari dan kandungan Lauric Acidnya dapat membunuh bakteri, sehingga kita mendapatkan double manfaat sekaligus yakni, mencegah penuaan dini dan memerangi bakteri jahat sekaligus memperkuat jaringan kulit.

Bagian 3: Minyak Kelapa untuk menurunkan berat badan


Banyak orang berfikir bahwa Minyak kelapa mempunyai kanduangan lemak jenuh yang tinggi dan sangat buruk untuk di konsumsi. Hal ini merupakan mitos yang berkembang di sekitar kita, namun sudahkah kita mengetahui fakta sesungguhnya?

Kandungan Minyak Kelapa:
90% kandungan Minyak Kelapa adalah lemak jenuh(Fatty Acids). Namun penelitian terbaru menunjukkan hal yang justru sebaliknya, karena  lemak jenuh dalam Minyak kelapa diketahui adalah  Medium Chain Triglycerides. Jenis lemak ini sangatlah mudah dihancurkan oleh tubuh. Hal ini berbanding terbalik dengan lemak jenuh yang terdapat dalam fast food yang sangat sulit dihancurkan. Karena ada perbedaan mendasar antara kandungan Lemak jenuh Minyak kelapa dan Lemak jenuh fast food, pada fast food lemak jenuh yang sulit dihancurkan berkumpul menjadi satu di jaringan arteri dan jaringan kulit.

Lebih jauh lagi kandungan lauric acid dalam Minyak kelapa berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kesehatan tiroid dan sistem enzim. Mempunyai tubuh dengan metabolisme tinggi berarti membakar lebih banyak kalori, hal ini dikarenakan kandungan asam dalam lambung anda dan hal ini sangat efektif untuk merubah makanan menjadi energi. Mempunyai usus yang sehat akan meningkatkan pula metabolisme tubuh yang pada akhirnya akan menurunkan berat badan.
Enzim yang terkandung dalam minyak kelapa murni berfungsi sebagai katalis asam lambung dan membantu memecah lemak serta meningkatkan metabolisme sehingga membakar kalori berlebih yang anda konsumsi. Minyak kelapa murni bekerja sebagai anti bakteria pada usus kita, oleh karena itu sangat baik apabila digunakan untuk memasak karena berbagai manfaatnya jarang ditemui pada sayuran ataupun minyak zaitun.
Minyak kelapa murni mengandung 50% lauric acid yang benar-benar bermanfaat untuk diet. Hal termudah untuk memanfaatkannya adalah dengan menggunakannya sebagai pengganti minyak goreng, yang kebetulan rasanya juga lezat untuk berbagai masakan. Minyak kelapa juga menjadi rahasia kelezatan kari di seluruh dunia.

Bagian 4 - Minyak Kelapa untuk kesehatan saluran Pencernaan


Minyak kelapa telah lama digunakan banyak orang untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan mereka. Manfaat ini diperoleh dari kandungan anti-microba yang dimilikinya. Kandungan ini berfungsi memerangi bakteri jahat sekaligus melindungi sistem kekebalan tubuh. Banyak sekali masalah pencernaan yang ditimbulkan oleh Mikroba yang masuk melewati makanan yang kita konsumsi. Sebenarnya secara alami kita telah memiliki Microba di dalam asam lambung  yang berfungsi menjaga kesehatan saluran cerna, namun sering bereaksi negatif terhadap enzim tertentu yang terkandung dalam makanan.

Gangguan pencernaan pada umumnya diakibatkan oleh asam dalam lambung yang bereaksi negatif terhadap lapisan lambung dan pada bagian atas usus kecil. Gangguan ini disebut dengan refluks asam. Hal ini biasanya ditimbulkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat, kegemukan, sakit maag, dan pernyakit pencernaan lainnya.

Lemak jenuh dalam Minyak kelapa terutama Lauric Acid dan Capric Acid membantu menjaga kesehatan saluran cerna, dengan menetralisir bakteri mikro. Lemak tersebut membantu menghancurkan bakteri parasit dan jamur sehingga saluran pencernaan dan perut kita dalam kondisi kerja yang optimal.

Selain baik untuk lambung minyak kelapa juga baik  untuk kesehatan tubuh secara umum, karena minyak ini kaya akan vitamin dan mineral, dan fungsi unik fatty Acid dapat mendorong penyerapan vitamin dan mineral lain dalam tubuh.

Namun anda harus hati-hati dalam mengkonsumsi minyak kelapa, perhatikan secara teliti petunjuk penggunaan dalam kemasan, karena apabila mengkonsumsi secara berlebihan justru akan menimbulkan dampak negatif untuk tubuh kita. Kandungan Lemak Jenuh Lauric Acid yang berlebihan justru tidak sehat, jadi konsumsilah sesuai aturan pakai.


Bagian 5: Minyak Kelapa untuk menjaga kekebalan tubuh

Diet yang tepat dan menjaga konsumsi makanan dan minuman adalah sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan kekebalan tubuh. Sistem imun bertugas untuk memerangi bakteri jahat dan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang buruk berarti anda akan lebih rentan terserang oleh virus ataupun penyakit-penyakit lain.

Mengkonsumsi Minyak kelapa dapat membantu memperkuat imune tubuh kita  dengan berbagai manfaat yang dimilikinya.
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa minyak kelapa memiliki manfaat kesehatan alami yang besar dan bekerja sebagai obat yang efektif untuk sejumlah penyakit  termasuk eksim, gangguan pencernaan dan berbagai penyakit kulit seperti bintik hitam dan penuaan dini. Namun minyak kelapa juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda dalam beberapa cara mengejutkan.

Minyak kelapa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah melalui konsumsi lemak jenuh-yang paling menguntungkan, di antaranya adalah - medium chain triglycerides. Ini adalah lemak jenuh yang paling mudah dicerna oleh tubuh. Karena tubuh kita akan mengangkut mereka langsung ke hati di mana mereka tidak digunakan untuk produksi lemak, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir terjadi peningkatan kolesterol, disaat Mengkonsumsi Minyak Kelapa.

Medium chain triglycerides digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk membuat antimikroba - yang lebih sering kita sebut dengan antibodi. Antibodi merupakan mekanisme pertahanan utama tubuh untuk melawan infeksi dan virus sehingga memiliki lemak jenuh dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga antibodi.

Lemak dalam minyak kelapa mengandung lipid antimikroba yang memiliki sifat anti-virus dan anti-jamur. Minyak kelapa mengandung Lauric, Caprylic and Capric acids yang ketika dipecah, diubah menjadi antibodi khusus yang digunakan untuk pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit termasuk herpes, influenza dan infeksi/penyakit lainnya.

Memiliki antibodi yang baik untuk melawan bakteri jahat sangat sentral untuk kesehatan kita.  Sehingga mengkonsumsi minyak kelapa untuk diet adalah cara mudah untuk memastikan Anda tetap sehat dan aktif.


Bab 6 - Minyak Kelapa untuk melawan infeksi

Kita sudah melihat bahwa minyak kelapa dapat membantu mengobati berbagai macam infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh  berkat kandungan asam lemak seperti lauric acid and capric acid . Minyak kelapa juga serbaguna baik untuk infeksi luar ataupun dalam tubuh.

Untuk pemakaian infeksi luar, minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam luka di kulit termasuk luka gores dan memar.

Untuk kulit, minyak kelapa sangat cocok untuk mengobati luka/ruam, minyak kelapa bekerja dengan memberikan lapisan antara luka dan udara, namun lapisan ini tidak bersifat benar-benar kedap sehingga kulit anda masih mendapatkan aliran udara yang cukup. Kandungan alaminya juga bersifat melembabkan kulit. Anda dapat menggunakan minyak kelapa 2x yang berfungsi untuk mencegah iritasi, menjadikan kulit lebih sehat. Kandungan alami minyak kelapa juga berfungsi mengganti sel-sel yang rusak dengan sel muda. Minyak kelapa juga memiliki kandungan istimewa yakni dapat mengobati stretch marks/selulit dan mengencangkan kulit.

Lebih jauh lagi, enzim yang terkandung dalam minyak kelapa murni mampu membunuh berbagai macam virus, termasuk influense, campak, harpes dan hepatitis.

Minyak kelapa juga baik untuk melawan jamur, termasuk kandidas(penyakit jamur yang bersifat akut) yang disebabkan oleh candida albicans, yang dapat menginfeksi kulit,kuku, mulut, vagina, paru-paru dan dapat menyebabkan endokaritis atau meningitis.

Kandidas sangat sulit untuk dihilangkan, karena sumber infeksi tidak selalu sama dengan area yang terinfeksi, kandidas tumbuh di PH yang rendah dan lingkungan yang beracun. Jika anda kelebihan berat badan, memakan terlalu banyak junk food, terlalu kurus, dan sistem kekebalan kulit anda rendah, anda bisa terserang kandidas.

Dengan mengkonsumsi Minyak kelapa membantu memperkuat imunitas tubuh serta membantu menurunkan berat badan.


Bagian 7 :Minyak Kelapa Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Pada Bagian terakhir ini kita akan membahas tentang manfaat minyak kelapa untuk mencegah penyakit Jantung. Hal ini telah lama diperdebatkan tentang bahaya Lemak Jenuh pada minyak kelapa, yang dapat menimbun jaringan lemak dalam tubuh kita. Tetapi seperti kita bahas seblumnya Bahwa kandungan minyak kelapa adalah Medium Chain Triglycerides yang justru bermanafaat dalam tubuh(asal tidak berlebihan mengkonsumsi) yang mudah dilarutkan.

Penyakit jantung mengakibatkan kematian 12,5 juta orang / tahun diseluruh dunia, sementara di United States mencapai angka 60 juta orang penderita. Yang  paling umum adalah Jantung koroner yang diakibatkan oleh penimbunan lemak dan plak di arteri jantung.
Berikut adalah penyebab penyakit jantung:
- Kolesterol Tinggi
- Keturunan
- Merokok
- Kegemukan
- Tekanan Darah Tinggi
- Diabetes
Minyak kelapa disini berfungsi menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Sebagai salah satu contoh , Sri Lanka adalah negara dengan penderita jantung terendah didunia, dan minyak yang mereka pakai kebanyakan adalah minyak kelapa. Hal ini mungkin suatu kebetulan, akan tetapi bukti selanjutnya menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah penderita penyakit jantung di Sri Lanka dan India setelah meninggalkan tradisi lama dan mengkonsumsi minyak nabati, margarin dan minyak habis pakai.

Lemak jenuh yang sulit diuraikan tubuh adalah High Chain Triglycerides, tidak sepert Medium Chains Triglicerydes. Penggunaan minyak ini dapat menimbun lemak di arteri dan daerah sekitar jantung dan dapat menimbulkan resiko penyakit jantung. Jadi dengan mengganti minyak/margarin yang biasa anda pakai dengan minyak kelapa akan menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

Kesimpulan

Minyak kelapa adalah produk alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit, rambut, baik untuk diet, ketahanan tubuh serta kesehatan pada umumnya.








9 komentar:

  1. Balasan