Sabtu, 25 April 2015

Nutrisi bagi penderita kanker

Kanker, memang penyakit yag terdengar sangat mengerikan. Ketika salah seorang dari keluarga divonis menderita kanker merupakan ujian luar biasa yang tak jarang membuat kita putus asa. Dari sekian banyak penderita kanker sebenarnya tak sedikit penderita yang justru bisa survive melawan penyakit ini, mereka bisa melewati masa pengobatan dan mampu beraktifitas seperti sediakala. Apakah yang mempengaruhi hal tersebut?

Penderita kanker memerlukan kecukupan asupan nutrisi, karena bila kekurangan justru berbahaya dan berpotensi terhadap kematian. Untuk membantu mereka yang menderita kanker diperlukan dukungan dari orang-orang disekitarnya. Salah satu bantuan yang bisa diberikan adalah memberikan dukungan semangat hidup dan memberikan dorongan untuk selalu berfikir positif. Penderita kanker yang menjalani kemoterapi biasanya mengalami berbagai efek negatif seperti rambut rontok, kuku menghitam dan berat badan turun, lidah mereka juga selalu tidak enak merasakan makanan jenis
apapun, termasuk jus buah yang manis. Disinilah peran keluarga dan orang terdekat untuk memberikan bantuan moril dan mendorong kesembuhannya.

Penderita mengkonsumsi cukup nutrisi mempunyai potensi untuk mendukung kesembuhan. Sebaliknya penderita yang kekurangan nutrisi akan memiliki metabolisme tubuh yang rendah. Memang malnutrisi bukan hanya disebabkan oleh faktor kurangnya asupan gizi, namun juga hilangnya respon tubuh dan juga terapi yang sedang dijalani.

Berikut adalah tujuan diberikannya nutrisi pada penderita kanker:

- Meminimalkan terjadinya malnutrisi
 - meningkatkan asupan makanan
 - Mencegah penurunan berat badan
 - Memenuhi kebutuhan tubuh akan mikronutrient

Pemberian nutrisi ini perlu dilakukan sejak dini serta konsultasi lebih lanjut dengan dokter. Lebih baik mulai dilakukan saat diagnosa, sebelum terapi dan selama menjalankan terapi. Pemenuhan nutrisi penderita kanker tentu akan berubah ubah selama perjalanan penyakit dan juga tergantung terapi yang sedang dilakukan. Bagi mereka yang tidak memiliki masalah oral dapat diberikan makanan dalam porsi kecil, namun bila mengalami gangguan dapat diberikan dalam bentuk cair.

Selain nutrisi pasie juga dianjurkan untuk mengkonsumsi supplemen. Supplemen dengan kandungan protein tinggi dan kalori tinggi sangat baik untuk memnuhi kebutuhan serta menegah penurunan berat badan.

Musuh yang perlu diwaspadai

Seorang penderita kanker akan secara otomatis memproduksi sitokin, yakni zat yag berguna untuk imun tubuh terhadap tumor. Beberapa sitokin memiliki efek negatif yakni menyebabkan penurunan nafsu makan, stimulasi laju metabolisme basal tubuh, mobilisasi lemak dan cadangan protein. Sitokin juga disinyalir sebagai zat yang menyebabkan pasien mengalami malnutrisi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar