Sabtu, 25 Oktober 2014

Efek berbahaya dari kepala terbentur

Seringkali kita meremehkan benturan-benturan didaerah kepala, dan kadang menganggap sesuatu yang berpotensi menjadi bahaya hanya hal biasa. Memang benjolan di kepala bagian luar memang tidak masalah, namun lain hal benjolan didalam tempurung otak, yang juga bisa menyebabkan kematian 

Kerusakan luar
Kepala mempunyai banyak sekali pembuluh darah, namun hampir tidak ditemui otot maupun lemak dibawah kulitnya,jadi tanpa kedua pengaman tersebut benturan kecilpun dapat menyebabkan pendarahan dan bengkak

Kerusakan Dalam
Gagar otak merupakan kerusakan bagian dalam kepala yang diakibatkan oleh pukulan keras ataupun
benturan yang sangat keras yang menyebabkan pendarahan pada bagian dalam kepala. Pendarahan bisa terjadi pada bagian luar maupun dalam tempurung otak.

Bagimana cara mengatasinya ?
- Pendarahan bagian luar bisa kita atasi dengan menekan pada bagian yang terluka menggunakan handuk. Jangan remehkan luka kecil karena bisa memicu pendarahan 
- tutup dengan perban atau plester yang bersih/steril.
- Gunakan kompres air es. Luka pada kepala biasanya bengkak dan terasa nyeri, dan kompres sangat bermanfaat untuk meredakannya. 
- Awasi perubahan yang terjadi pada korban. Hal ini sangat penting, karena mungkin dalam waktu 2 hari korban mengalami beberapa perubahan, baik itu mood maupun kelakuan, atau mungkin muntah-muntah, yang sangat perlu kita waspadai. Dan anjurkan untuk memriksakan ke dokter agar potensi berbahaya tidak berakibat fatal. 
- Jika luka berukuran besar, misalkan sobek dan pendarahan tidak kunjung berhenti, kita harus menggunakan bantuan tenaga medis untuk mengatasinya. Penjahitan pada luka sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka, dan mampu mengenali secara dini potensi-potensi lain yang mungkin ditimbulkan akibat luka tersebut. 

Perhatian terhadap mereka yang sakit/terluka memang sangat penting, jika anda adalah orang terdekat korban, selalu waspada dan awasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

1 komentar: