Senin, 06 April 2015

Cara agar selalu kecanduan olah raga

Minat untuk melakukan latiahan/olah raga memang naik turun, kadang kita sangat rajin karena termotivasi oleh sesuatu kadang pula kita sangat malas karena beberapa alasan tertentu. Sangat penting untuk memotivasi diri agar kecanduan olah raga dan menjadikannya sebagai salah sau kebiasaan baik harian yang musti kita lakukan. Kita semua pasti mampu melakukannya, karena membiasaakan tidaklah sulit dan berikut adalah tips yang terbukti efektif membuat kita kecanduan olah raga :
1. Bangun lebih pagi
Bangun lebih pagi akan sangat bermanfaat untuk menyiapkan segalanya, termasuk juga olah raga. Dipagi hari kita tidak akan disibukkan oleh pekerjaan atau mungkin gangguan lain yang justru membuat kita lalai berolah raga. Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang berlatih pada jam yang sama setiap hatinya akan memiliki konsistensi lebih. Oleh karena itu aturlah jadwal tetap di pagi hari untuk berolah raga, paling tidak sempatkanlah selama 30 menit setiap hari.

2. Lakukan selama 6 minggu
Penelitian telah menunjukkan bahwa manusia modern perkotaan akan dapat menjadikan kebiasaan/habit jika bisa melakukannya secara terus menerus selama 21 hari, hal apapun. Namun sayangnya untuk olah raga akan memerlukan waktu  lebih lama. Sekali anda merasakan perubahan pada bentuk tubuh atau kondisi fisik anda maka anda tidak akan mau kembali pada kebiasaan lama. Dibutuhkan waktu paling tidak 6 minggu untuk menjadikan olah raga sebagai kebiasaan, dan setelah itu kita akan merasakan sesuatu yang kurang bila tidak berolah raga.

3. Sesuaikan dengan keinginan anda
Tidak perlu memaksa jika anda tiak suka dengana salah satu jenis olah raga karena memang jenis latihan sangat beragam, dan anda bisa memilih salah satu yang anda sukai untuk terus dilakukan. Misalkan anda tidak suka lari dan lebih senang melakukan senam didalam rumah, sah sah saja. Jika tidak suka bersepeda atau memilih jalan juga boleh. Ingat untuk tidak melakukan hal yang menyiksa diri karena cepat atau lambat anda akan bosan sendiri. Bila perlu anggaplah olah raga sebagai refreshing, saat pekerjaan sangat banyak kita perlu berkeringat untuk tetap menjaga kebugaran.

4.  Gunakan jasa trainer
Trainer akan selalu memotivasi kita, disaat kita jenuh mereka akan mengembalikan kita pada jalur latihan yang benar. Mereka pula yang akan mengajari kita melakukan latiahn dengan benar dan mempunyai banyak tips bernfaat seperti bagaimana menghindari cedera, atau memangkas lemak diperut dengan cepat. Kita tidak harus menyewa jasa trainer yang mahal, kita juga bisa bergaul dengan mereka yang ahli dalam bidang olah raga tertentu. Misal jika anda suka badminton banyaklah berkomunikasi dengan atlit badminton, karena mereka biasanya memiliki jadwal latihan rutin dan memiliki banyak saran yang bermanfaat untuk menjadikan olah raga tesebut sebagai suatu kebiasaan baik.

5. bergabung dengan klub kebugaran
Berlatih bersama teman teman tentu akan lebih menyenangkan daripada latiahn sendiri. Bergabung di klub kebugaran misalnya kita akan memiliki teman yang mempunyai minat yang sma dan mampu berbagi banyak hal.

6. Buat keadaan senyaman mungkin
Kenyamanan merupakan salah satu hal utama dan memiliki pengaruh besar dalam menjaga kebiasaan kita. Pikirkanlah dimana, bagaimana dan kapan anda akan berolah raga. Kemudian cari tahu cara untuk membuat aktifitas tersebut berlangsung nyaman, senyaman mungkin sehingga anda akan benar-benar betah berlatih disana.Misal jika anda adalah pekerja yang sangat sibuk dikantor, cobalah untuk mencari tempat ngegym yang terdekat agar waktu anda tidak terbuang dijalan. Jika anda malas membawa pakaian cobalah untuk menyewa loker, dan anda dapat menaruh barang keperluan anda disana. Asek kenyamanan termasuk juga pakain bersih dan sepatu yang kita kenakan. Jika anda tidak ingin keluar rumha maka belilah sepeda statis atau treadmill karena anda bisa menghemat waktu dan melakukan banyak hal di rumah.

7. Jangan ragu untuk mengeluarkan uang
Menghemat pengeluaran dan selektif dalam memilih barang tentunya merupakan hal yang baik. Jika anda mersa cocok dengansalah satu alat olah raga maka jangan ragu untuk mendapatkan kualitas terbaik yang akan memberikan anda kenyamanan sehingga lebih betah berlama-lama. Jangan ragu pula untuk membeli stok pakaian olah raga karena pasti akan kita gunakan. selalu ingat bahwa olah raga merupakan hal yang penting dan jangan ragu untuk mengeluarkan uang.

8. Jangan terlalu memaksa diri
Mereka yang baru memulai olah raga biasanya terlalu memaksakan diri sehingga berlatih sesering mungkin dan sangat berlebihan sehingga bukan sehat yang anda dapatkan namun justru bisa cedera dan kelihan yang berlebihan. Faktor cedera atau kelelahan juga merupakan faktor penggagal menjadikan olah raga sebagai kebiasaan karena kita akan istirahat cukup lama untuk pemulihan dan disaat kita sembuh kita akan lebih malas memulai latihan kembali. Disinilah peran trainer yang akan mengajarkan kita hal penting secara bertahap, atau jika anda tidak memiliki trainer maka bacalah informasi secar hati-hati dan lakukan semuanya dengan dasar pengetahuan yang cukup.

1 komentar: