Senin, 27 Oktober 2014

Berlibur sehat bersama si kecil

Ketika musim liburan tiba pasti banyak orang tua yang berlomba-lomba merencanakan perjalanan panjang bersama keluarga. Karena kesempatan ini terbilang jarang didapat dalam 1 tahun, orang tua harus benar-benar merencanakannya agar liburan lancar dan menyenangkan. Salah satu hal yag perlu kita perhatikan adalah aspek kesehatan, terutama kesehatan sikecil yang masih dalam tahap perkembangan sehingga cukup rentan dengan penyakit. Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai oleh orang tua, salah satunya adalah diare. Penyakit ini cukup berpotensi menyerang si kecil dan beberapa persiapan yang bisa kita lakukan antara lain :

- Untuk bayi sebaiknya meminum susu dalam wadah yang steril, dan untuk mencegah kontaminasi, usahakan meminum susu dari botolnya sendiri
- Diare dapat menyebabkan dehidrasi pada anak karena kehilangan cairan dalam jumlah besar dan
cepat. Untuk mengatasinya orang tua bisa memberikan larutan oralit ataupun cairan rumah tangga (CRT) seperti larutan gula garam.
- Untuk anak yang telah berusia 5 tahun keatas, orang tua dapat memberikan obat diare yang mengandung koalin dan pektin untuk menetralisir racun dan kuman didalam saluran pencernaan. Jika racun tersebut telah hilang dari usus, diharapkan tinja dapat memadat dengan sendirinya. Kandungan pektin dan koalin pada obat diare mampu menyerap racun didalam usus, sehingga saluran pencernaan pulih kembali.
- Jika beberapa pertolongan diatas belum menunjukkan perbaikan, maka kita perlu membawa sikecil ke dokter untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Berlibur sehat bukan hanya mencegah dan mengobati diare, namun juga beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan antara lain :
- Tuliskan dengan spidol permanen pada kertas tahan air tentang data diri anak anda, nama dokter si anak, golongan darah, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, atau mungkin catatan alergi si anak terhadap makanan.
- Ingat selalu untuk membawa kotak p 3 K, yang isinya berupa :
- Obat penurun demam dan juga penghilang rasa sakit(parasetamol), obat diare seperti disebut diatas, oralit, obat mabuk kendaraan, obat flu, dan obat anti alergi.
- Termometer pengukur suhu tubuh
- Plester dan kasa penutup luka
- Pinset untuk berjaga-jaga apabila anak kita terkena duri atau benda kecil lain
- Obat luka luar yang mengandung anti septik
- Minyak kayu putih, minyak telon dan balsam untuk menghangatkan badan

Selain beberapa aspek teknis diatas, orang tua juga perlu menyiapkan aspek psikologis yakni ketenangan dalam menghadapi masalah, karena dengan kepanikan justru akan membuat sikecil lebih bingung dan membuat kondisi tak kunjung membaik.



1 komentar: