Jumat, 27 Maret 2015

Senam kegel untuk pria dan manfaatnya

Senam kegel sangat bermanfaat untuk kesehatan alat reproduksi pria. Jika anda pernah merasakan masalah saat buang air kecil seperti setelah kencing dan dibersihkan air kencing akan tetap menetes, singga celana dalam kita terkena najis. Hal ini sebenarnya masalah yang perlu diatasi karena terkait juga dengan kebersihan dan ibadah kita(khususnya umat islam). Dengan berlatih kegel kita akan dapat mengontrol sepenuhnya masalah diatas dengan rutin berlatih selama 5 menit dalam frekwensi 2/3 kali sehari. Sebagai bonus senam kegel juga dapat memperbaiki kemampuan seksual kaum pria. 

Latihan kegel untuk pria

Senamp kegel bertujuan untuk memperkuat otot otot dibawah kandung kemih sehingga mampu
mengontrol aktifitas buang air kecil. Senam kegel sangat mudah dilakukan yang perlu kita tahu hanyalah otot-oto yang kita target. Berikut adalah penjelasannya:
- Untuk lebih mudah memahaminya cobalah untuk kencing
- Jangan keluarkan semua urin anda dan saat berada di tengah hentikan atau tahan kencing anda
- Jangan menegangkan otot dibokong, kaki atau perut/relaks saja dan jangan menahan pernafasan anda
- Jika anda berhasil menghentikan urine maka anda telah berhasil mengaktifkan otot otot dibawah kandung kemih. 

Nah setelah mengetahui otot mana yang ditarget mari kita mulai senam kegel:
1. Tarik otot dibawah kandung kemih dengan lambat  selama 5 detik
2. Lepaskan tarikan otot tersebut dengan lambat selama 5 detik
3. Ulangi selama sepuluh kali 
4. Lakukan 2 atau 3 kali sehari. 

Jika anda pertama kali mencoba akan lebih mudah melakukannya dengan cara berbaring karena otot-otot tidak akan melawan gravitasi. Jika anda sudah mulai terbiasa tingkatkan secara perlahan jumlah hitungan sampai mencapai angka 10 detik. Ingat untuk tidak melibatkan otot bokong, kaki dan perut ketika melakukan senam kegel. 

Kapan kita akan melihat hasil dari senam kegel 

Hasil dari semua latihan akan membutuhkan waktu, jadi bersabarlah. Jika anda melakukan kegel  x sehari maka dalam 3-4 minggu anda akan mampu mengontrol berkemih dengan baik. Pantau tetesan urin anda dalam tempo harian dan perhatikan penurunannya. Jika dalam waktu sebulan tidak ada perubahan mungkin ada yang perlu dievaluasi terkait dengan cara atau mungkin salah target terhadap otot anda.

Cara agar membuat senam kegek menjadi kebiasaan

Cara paling efektif untuk mendapatkan hasil maksimal adalah latihan secara konsisten. Nah, untuk mendapatkan konsistensi tersebut tentu bukan hal yang mudah karena akan banyak sekali godaan yang akan kita temui. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita adopsi:
1. tetap konsisten 
Lakukan senam kegel anda pada waktu yang sama setiap hari jika anda melakukan dipagi hari maka lakukan terus latihan di pagi hari , jangan sampai absen.
2. Ingat manfaatnya
jika anda konsisten dengan senam kegel maka akan mendapatkan manfaat istimewa yakni kontrol urin yang baik + kemampuan seksual yang meningkat
3. Pantau kemajuan 
Penting sekali untuk memantau kemajuan kesehatan urin anda. Jika ada perubahan sedikit saja berarti latiahn telah berhasil dan tinggal kita teruskan.


1 komentar: