Selasa, 21 April 2015

Penyebab batuk dan cara mengatasinya

Batuk merupakan reaksi refleks tubuh guna mengeluarkan benda asing yang masuk kedalam tubuh yang mengganggu saluran pernafasan. Bila kita mengalami batuk itu artinya tubuh sedang berusaha mengusir benda asing/membersihkan jalan udara yang menuju saluran pernafasan. Lalu apa penyebab batuk? Ada beberapa penyebab batuk, diantaranya adalah asap rokok / uap bahan kimia, alergi terhadap debu, radang atau iritasi pada lapisan lendir saluran pernafasan. Batuk juga sering terjadi
saat peralihan musim yakni berubahnya temperatu udara dari musim panas ke musim hujan.

Yang terjadi didalam saluran pernafasan kita saat batuk adalah bekerjanya cilia/rambut getar untuk membersihkan benda-benda asing. Cilia/rambut getar ini terus bergerak, dan apabila anda merokok cilia ini tidak mampu bekerja secara maksimal untuk mengusir benda asing yang memasuki saluran pernafasan sehingga menimbulkan dahak.


Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi batuk?
 Batu dapat dicegah melalui beberapa cara diantaranya adalah berhenti merokok serta minum banyak air putih, mengurangi makanan yang sifatnya panas seperti sambal dan gorengan. Untuk menjaga kesehatan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sedikitnya 10 gelas perhari.
 Batuk dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, dan bila salah satu anggota keluarga terserang batuk maka dapat mengkonsumsi obat batuk yang tepat. Petama pilihlah obat batuk sesuai dengan jenis batuk anda, perhatikan tanggal kadaluwarsa yang tertera pada bagian luar, perhatikan ada atau tidaknya nomor registrasi departemen kesehatan RI.

1 komentar: