Rabu, 04 Maret 2015

Meningkatkan nafsu makan anak

Sebagai orang tua tentu kita akan khawatir jika nafsu makan si kecil menurun. Si kecil sangat menyukai camilan namun tidak suka makan nasi dan jarang minum susu. Pada dasarnya kita juga harus menerapkan diet sehat untuk anak, artinya makanan yang masuk juga harus sehat, bukan hanya makanan asal masuk. 

Masalah Makan dalam waktu lambat


Sikecil juga kadang mau makan namun dalam waktu lambat sekali mungkin karena kurangnya minat atau kondisi kesehatannya sedang memburuk. Batas waktu yang bisa diterima untuk makan adalah 30-45 menit, jadi jika sikecil makan lebih lama dari waktu tersebut kita perlu mencari tahu penyebabnya.Ada beberapa Alasan yang membuat makan si kecil melambat. Seperti ingin melamakan waktu bersama orang tua, terganggu dengan acara televisi atau sedang asyik bermain dan makanan yang dikonsumsi cukup keras sehingga membutuhkan waktu lama ketika dikunyah. 

Beberapa hal yang perlu dilakukan
Saat kebiasaan makan lambat anak semakin nampak kita bisa menambah aktifitas fisiknya, selain untuk meningkatkan metabolisme tubuh juga untuk meningkatkan ketangkasan anak. Luangkan waktu bersama si kecil lebih lama setelah makan, misalkan berkomunikasi atau bermain. Yakinkan pada mereka bahwa mereka masih memiliki banyak waktu luang bersama anda selain diwaktu-waktu makan. Anda bisa merancang area yang nyaman sebelum mengajak anak anda makan, dan latihlah mereka makan dalam waktu yang lebih singkat tentunya secara bertahap. 

Masalah tidak memiliki nafsu makan 


Jika anak anda tidak memiliki nafsu makan maka dia tidak akan makan nasi sama sekali, atau sangat sedikit. Terlebih saat mereka sakit , misalkan flu atau demam akan berpotensi menurunkan berat badannya. Ada beberapa alasan yang menyebabkan nafsu makan anak menurun antara lain :
- Mereka lebih berkonsentrasi terhadap acara televisi atau mainan yang lebih menarik
- Suasana makan yang kurang menyenangkan
- Hidangan yang kurang menarik
- Beberapa anak menggunakan cara ini agar menarik perhatian orang tua mereka. 
- Kekhawatiran yang berlebih dari orang tua, bahkan stress ketika sikecil tidak mau makan. 
- Memakan banyak snack/camilan 
Cara mengatasinya 
- Jangan memaksa anak makan dengan jumlah banyak setiap hari
- Biarkan mereka menyebutkan makanan apa yang mereka inginkan dan libatkan dia dalam proses memasak
- Ganti varian makanan dari waktu ke waktu termasuk cara masak yang berbeda. 
- Tingkatkan aktivitas fisik mereka untuk menghadirkan nafsu makan
- Hanya konsumsi snack sehat seperti susu skim, buah, sandwich dll. sehingga mereka memiliki cukup asupa nutrisi. 

Larangan 
- Jangan memberikan mereka sncak sebelum makan 
- Menyimpan terlalu banyak snack atau mie instan dalam laci. Anak cenderung kehilangan nafsu makan (makanan sehat) jika mereka terlalu suka snack lezat yang tidak sehat. 

Masalah si kecil suka memilih


Setiap anak pasti memiliki preferensi tersendiri terkait dengan makanan. Cobalah untuk menerima perbedaan setiap individu. Ada beberapa Alasan dibalik mereka suka memilih antara lain adalah preferensi pribadi, meniru perilaku orang lain dan memiliki pengalaman tidak menyenangkan terhadap beberapa jenis makanan tertentu. 

Hal yang perlu dilakukan 
- Selalu sajikan makanan yang bervariasi kepada sikecil
- Biarkan sikecil memilih dari beberapa makanan seperti antara nasi atau mie, daging ayam atau daging sapi dll.  Ingat juga untuk menyajikan berbagai makanan berbeda untuk memenuhi nutrisi mereka. 
- Jelaskan pada anak tentang macam makanan dan manfaatnya, anda juga bisa mengajak si kecil berbelanja sekaligus menjelaskan berbagai jenis makanan untuk mulai meningkatkan nafsu makan mereka. 
- Tingkatkan keahlian anda dalam memasak. Bisa jadi masalah rasa akan berpengaruh termasuk juga varian makanan yang berbeda akan mampu meningkatkan minat sikecil. 
- Mulai menawarkan mereka makanan dalam jumlah kecil, jika mereka menyukai anda bisa memberikan mereka dalam jumlah yang lebih besar. 

1 komentar: