Jumat, 28 November 2014

Ayo Gali kecerdasan sikecil!

Anak merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT. Mereka memberikan kita kebahagiaan yang tiada terkira. Merekapun memiliki keunikan tersendiri dimana satu sama lain tidak akan sama termasuk juga anak kembar. Untuk membentuk seorang anak menjadi apa yang kita inginkan tentu memang sesuatu yang mustahil karena mereka memiliki keunikan sejak lahir dan orang tua hanya bisa mendorong mengembangkan dan mengarahkan pribadi-pribadi yang sudah unik tersebut.

Kita sebagai orang tua juga perlu cerdas dalam mendidik anak, termasuk juga cerdas dalam mengetahui potensi si kecil. Potensi mereka sejatinya sudah tampak sejak usia dini. HAl tersebut
sebenarnya sudah bisa kita baca saat mereka bergaul dengan lingkungannya, kecerdasan dalam berbahasa serta kemampuannya dalam memahami dirinya sendiri.Sejak usia dini kita perlu memberikan mereka dorongan positif agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik. Hal-hal sederhana perlu kita ketahui dan kita manfaatkan untuk perkembangan sibuah hati. Sebagai contaoh masalah kecil seperti ketika ada saudara datang kemudian mengajak komunikasi anak kita dengan menanyakan namanya, maka sikap kita sebaiknya memberikan kesempatan pada sikecil untuk menjawabnya. Jika anda menjawab banyak pertanyaan lain dari berarti anda tidak memberikan kesempatan kepadanya untuk lebih baik dalam berkomunikasi. Kita harus melajar untuk mengajari mereka mulai dari hal kecil seperti kasus tersebut. Kominikasi akan membantu mereka lebih aktif dan tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri.

DAlam bertanya kepada anak kita juga memiliki beberapa panduan. misalkan jangan mengajukan pertanyaan bertubi-tubi yang justru membuat mereka letih dan capek menanggapinya. Jangan biarkan juga bila ada banyak saudara menanyai mereka dengan rentetan pertanyaan yang bersamaan karena ini juga akan meletihkan mereka. Dalam kasus ini anda bisa membantu menjawab atau mungkin mengalihkan perhatian sikecil jika ada saudara yang memberondong anak dengan berbagai pertanyaan seperti siapa namanya, berapa umurnya, sekolah dimana, kelas berapa, dll.

bersambung....

1 komentar: