Selasa, 04 Februari 2014

Olah raga ringan Untuk ibu hamil

Penelitian telah membuktikan bahwa melakukan olah raga ketika hamil akan menjadikan ibu hamil lebih fit dan mempercepat proses kelahiran. Demi menyambut persalinan lakukanlah Olah raga ringan Untuk ibu hamil dan hindarilah stress, hal ini akan baik untuk Ibu maupun bayi.

Manfaat Olah raga ketika hamil
Olah raga bukan hanya menyehatkan seseorang dalam kondisi normal. Dalam kondisi hamilpun olah raga juga sangat baik. Olah raga saat hamil dapat mengembalikan kebugaran tubuh, menghindari stress, dan berdampak emosional pada ibu. Olah raga ketika hamil akan sangat membantu apabila mood ibu sedang naik turun, akan membantu juga karena ibu

hamil mengalami perubahan hormon. Manfaat lain olah raga adalah membuat memperlentur persendian dan oto, jadi ketika perut anda membesar, anda masih dapat brgerak dengan baik. Wanita yang melakukan olah raga juga mampu memperlancar kelahiran. Olah raga bagi wanita hamil mampu membuat proses persainan berlangsung lancar dan cepat.

Apabila anda berencana mengikuti kelas senam yang diperuntukkan untuk umum (bukannya khusus ibu hamil) terlebih dahulu beri tahulah sang pengajar bahwa anda sedang hamil, dan membutuhkan olah raga ringan agar ibu dan bayi sama-sama sehat, Pilihan lain adalah melakukan olah raga sendiri, namun anda harus benar-benar mengerti ilmunya, apabila tidak yakin, gunakan jasa trainer professional yang menguasai hal tersebut. Pilihlah trainer yang memiliki sertifikat resmi agar profesionalismenya bisa dipertanggung jawabkan. 

Melakukan Olah raga ringan, dan jangan berlebihan
Penting dipahami bahwa olah raga yang dilakukan oleh ibu hamil jangan sampai menimbulkan efek kelelahan, dehidrasi ataupun sesak nafas baik selama melakukan latihan tersebut ataupun setelah melakukan olah raga. Anda juga harus ekstra waspada apabila terdapat suatu kejanggalan misalnya pergerakan bayi yang kurang setelah latihan, pendarahan atau flek, atau kelelahan yang berlebihan. Konsultasikan hal tersebut kepada dokter ahli kandungan. 

Ingat, Jangan sampai mengalami dehidrasi. Selama melakukan latihan minumlah air sedikit demi sedikit namun frekwensinya sering, hal ini lebih baik daripada minum banyak tetapi frekwensinya hanya sedikit. Apabila anda berolah raga rutin setiap hari, maka dianjurkan untuk meminum air putih minimal 3 liter per hari. Pada saat cuaca panas, tubuh kita memerlukan banyak sekali cairan dan latihan yang dilakukan haruslah minim goncangan, jadi jangan melakukan aerobik intensitas tinggi atau bersepeda dengan intensitas yang tinggi. 

Olah raga apa yang paling baik untuk ibu hamil?

Ada 3 jenis latihan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Masing-masing memiliki manfaat tersendiri baik buat ibu maupun janin. Ada baiknya sebelum melakukannya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. 
1. Aerobik ringan
Yang termasuk aerobik ringan adalah  berenang dan jalan cepat. Berenang sangat baik untuk kesehatan jantung, otot dan sendi anda, sedangkan jalan sehat selain baik untuk jantung juga memperkuat sendi, sehingga dapat memperlancar proses persalinan. Diantara kedua alternatif diatas, ibu hamil biasanya memilih jalan cepat karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. 
2. Yoga untuk wanita hamil
Yoga sangat bermanfaat untuk melemaskan otot tubuh kita, selain itu juga bermanfaat untuk peregangan sehingga sendi dan otot lebih fleksibel yang tentunya akan memperlancar proses persalinan
3. Menguatkan Otot
Ibu hamil haruslah memeperkuat otot perut, kaki dan punggung sehingga dalam proses persalinan mengejan bukanlah sesuatu yang sulit. Baik yoga ataupun lari cepat juga dapat memperkuat otot2 tersebut. 

Pengaruh kondisi kesehatan ibu terhadap si buah hati
Studi terbaru dari Journal of Clinical and metabolism menyebutkan bahwa apabila ibu memiliki berat badan ideal dan tubuh yang bugar maka cenderung akan melahirkan bayi dengan berat badan yang ideal pula.Berat badan ideal bisa didapatkan dari konsumsi makanan bergizi serta menghindari beberapa hal yang mampu merusak kesehatan seperti merokok dan mengkonsumsi minuman keras. Lakukan olah raga teratur, jaga keseimbangan berat badan, serta lakukan diet sehat.

 

3 komentar:

  1. Menarik sekali artikelnya tentang sakit perut. Terima kasih infonya facebook.com

    BalasHapus
  2. Artikel ini sangat bermanfaat.
    dan untuk olahraga ibu hamil ini sebaiknya dilakukan berapa hari sekali.. dan apakah membutuhkan kaos kaki wanita untuk olahraga ini :)
    san salam sukses

    BalasHapus