Rabu, 05 Februari 2014

Panduan lengkap merawat bayi baru lahir

Membentuk ikatan kasih sayang dengan bayi

Kebanyakan orang tua bisa langsung akrab dengan si buah hati yang baru lahir. Hal ini merupakan ikatan alami bahwa ibu selalu mencintai dan ingin melindungi anaknya. Namun tidak semua orang tua langsung bisa memiliki ikatan emosional yang sangat kuat terhadap si bayi. 
Pentingnya kasih sayang terhadap bayi
Penelitian telah membuktikan bahwa anak yang dapat membina kasih sayang yang baik dengan orang tuanya akan berkembang menjadi manusia yang percaya diri dan berjiwa kuat serta mereka cenderung memiliki prestasi akademik yang baik.
Tips bagi orang tua agar dapat Membentuk ikatan kasih sayang dengan bayi
Apabila orang tua ingin membina kedekatan dengan sibuah hati, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:
1. Gunakan Sentuhan
Salah satu cara kberkomunikasi dengan bayi adalah menggunakan sentuhan. Anda dapat sering menggendongnya/menimangnya baik saat tidak ada kegiatan (santai) atau saat melakukan beberapa kegiatan
2. Menyusui
Dengan menyusui si buah hati akan terjalin kedekatan yang luar biasa, namun kadangkala tidak semua ibu mampu menyusui anaknya. Konsultasikan ke dokter apabila anda kesulitan dalam menyusui anak dan tanyakanlah kepada teman-teman dekat bagaimana agar dapat menyusui secara lancar.
3. Bernyanyi
Sering-seringlah bernyanyi di hadapan sikecil. Tidak menjadi masalah apakah suara anda bagus atau tidak, hal ini akan berfungsi sama baiknya dalam berkomunikasi. Bernyanyi selain menimbulkan ikatan dapat juga membantu perkembangan bahasa/berbicara pada si anak.

1 komentar: