Senin, 13 April 2015

Tips meningkatkan daya ingat

Mungkin sebagian dari kita mengalami beberapa kesulitan dalam mengingat sesuatu, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu sebenarnya bagaimana cara otak kita mengingat serta apa yang menyebabkan kita lupa?

Mekanisme daya ingat

Daya ingat dibagi menjadi dua yakni daya ingat jangka pendek yang mampu mengingat hanya dalam waktu yang singkat(beberapa menit saja)dan bersifat sangat labil, sedangkan ingatan jangka panjang mampu mengingat informasi dalam jangka panjang bisa dalam hitungan hari, minggu bahkan tahunan. Untuk mengubah dari ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang sebenarnya diperlukan pengulangan. Bukan hanya faktor pengulangan, untuk mengoptimalkan daya ingat
diperlukan juga bantuan protein untuk menghidupkan gen. Dimana ada protein disitu pasti ada gen yang merupakan blueprint untuk memproduksi protein. Begitu kita mampu menyimpan informasi selama kurang lebih satu jam dalam otak kita, diperlukan bantuan protein untuk tetap mengikatnya. Nah, informasi yang telah kita terima akan dibawa oleh neurotransmitter melewati suatu persimpangan didalam otak yang disebut dengan sinapsis. Setiap kali kita menerima informasi baru ataupun belajar sesuatu yang baru maka sambungan sinapsis baru akan terbentuk. Pada beberapa penelian menunjukkan bahwa seseorang yang ahli dalam melakukan sesuatu(yang spesifik) memiliki sambungan sinapsis yang lebih banyak dibanding orang yang tidak ahli dalam hal tersebut.



Lalu apa yang menyebabkan kita lupa?

Didalam otak kita terdapat molekul kecil yang bernama CREB, yang berfungsi mengaktifkan gen sehingga mampu memproduksi protein. CREB sendiri terbagi dua yakni CREB pengaktif yang berfungsi mengaktifkan gen sehingga terbentuklah suatu ingatan dan CREB yang kedua kebalikannya yakni CREB yang berfungsi untuk mematikan sehingga mengakibatkan menghambat daya ingat.

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan daya ingat

1. Hindari rokok karena dapat merebut oksigen terutama didalam otak sehingga mampu menurunkan daya ingat
 2. Hindari mengkonsumsi minuman keras karena dapat mempengaruhi kinerja ota.
 3. Hindari kurang tidur. Cukup tidur akan memberikan otak kita istirahat agar mampu beraktifitas kembali , mampu mengingat dengan lebih baik dan konsentrasi lebih baik pula.
 4. Hindari dehidrasi. Ingat iklan beberapa produk yang menyebut bahwa dehidrasi bisa mengganggu daya ingat. Informasi tersebut memang benar adanya, jadi konsumsilah air minimal 8 gelas sehari.
 5. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B, terutama B1, B9, dan B12 yang terdapat pada buah, sereal, dan sayuran.
 6. Gunakan beberapa cara kreatif untuk mengingat sesuatu seperti menggunakan singkatan.
 7. Terima informasi secara berulang-ulang.
 8. Pilih-pilih informasi, selalu untuk berusaha mengingat sesuatu yang lebih penting terlebih dahulu.
 9. Lakukan hal-hal yang baru. Mengulang informasi memang diperlukan, namun kita tidak perlu monoton karena hal-hal baru juga akan merangsang pertumbuhan jaringan saraf. Ada banyak sekali kegiatan diluar pekerjaan yang bisa menunjang daya ingat kita seperti bermain musik, melukis, menari dll.

1 komentar: