Kamis, 09 April 2015

Nyeri pada payudara tidak selalu kanker

Mungkin anda atau beberapa wanita lain pernah sesekali merasakan nyeri dan terdapat benjolan di daerah payudara. Jangan panik terlebih dahulu, ada beberapa kemungkinan dan bisa jadi anda terkena fibromakistik/kista. Fibromakistik memiliki ciri khusus yakni hanya terjadi sekitar waktu menstrulasi. Payudara biasanya terasa nyeri atau sakit dan terdapat benjolan. Fibromakistik sendiri bukanlah suatu penyakit/bahkan kanker yang perlu dikhawatirkan. Setelah siklus menstrulasi selesai maka benjlolan tadi akan hilang sendiri. Benjolan tersebut terbentuk akibat perubahan kadar hormon saat siklus menstrulasi. Cobalah untuk memriksakan ke dokter, jika memang benjolan tersebut tidak kunjung kempes beberapa hari setelah menstrulasi. Hal yang perlu diwaspadai adalah jika benjolan tersebut ternyata justru bukan kista karena dokter akan perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Bisa jadi dokter akan mengambil benjolan tersebut kemudian mengadakan penelitian apakah tergolong jinak atau ganas. Pengobatan diperlukan jika anda menderita rasa nyeri yang sangat sakit dan dapat mengganggu aktifitas yang biasanya juga memiliki ukuran kista yang lebih besar. Dokter bisa melakukan pengobatan atau mengambil cairan didalamnya agar rasa sakit tersebut akan hilang. Ada
beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kondisi saat  menstrulasi jika terkena kista diantaranya adalah mengkonsumsi vitamin E, kurangi asupan kafein, teh serta minuman bersoda, serta menggunakan bra model sport yang mampu menyangga payudara dengan sangat baik.



Payudara tersusun dari 3 macam jaringan , yang pertama adalah grandula yang membentuk saluran dan kelenjar air susu. kedua adalah jaringan lemak yang mengisi ruang antar jaringan serta yang terakhir adalah jaringan fibrosa yang menyangga payudara. Jaringan fibrosa bisa saja mengalami peregangan saat hormon pengatur siklus menstrulasi bekerja. Hormon tersebut kemudian membentuk benjolan-benjolan dan kemudian diisi oleh cairan atau lazim dikenal dengan kista.

Sangat penting bagi wanita untuk selalu melakukan pemeriksaan payudara masing-masing(SADARI). Pemeriksaan tersebut termasuk juga mengetahui bentuk payudara dalam kondisi normal. Jika saat menstrulasi membesar, dan setelah menstrulasi anda mendapati ada benjolan/ bentuk yang tidak sama dari kondisi normal, maka anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar