Sabtu, 01 Februari 2014

Cara Kreatif agar anak doyan makan

Agar anak mempunyai nafsu makan yang tinggi diperlukan berbagai cara kreatif yang dapat memotivasi buah hati kita. Mungkin bunda pernah mengalami berbagai penolakan anak terhadap makanan, ketika bunda sudah susah payah membuatnya, si buah hati menolak begitu saja. Namun bunda tentu tidak bisa marah, karena pada batita memilih milih makanan sebenarnya bagian dari perkembangannya. Agar anak doyan makan kita harus bersabar dan elajar mengenali selera mereka.


Apabila anak anda adalah anak yang suka memilih, sebagai orang tua kita wajib untuk kreatif agar anak memiliki nafsu makan yang tinggi. Namun ada pula ibu-ibu yang sangat beruntung karena anaknya sudah dari
sononya mempunyai nafsu makan yang tinggi. Kita harus benar benar kreatif, karena mungkin kita akan dihadapkan dengan beberapa masalah sekaligus, yakni anak kita tidak suka makan, dan sedang terserang penyakit. Tentu hal ini adalah masalah besar.

Sifat dari anak kita kadang sangatlah tidak konsisten, pernah ketika si buah hati disuguhi sayur, mereka memakannya dengan lahap, namun ini hanya berlangsung selama 3 hari dan hari ke 4, mereka sama sekali tidak mau. Anda tidak perlu bingung dengan nafsu makan anak menurun, karena seiring pertumbuhannya batita mulai menunjukkan identitas diri. Mereka ingin menunjukkan kekuasaan kepada para orang tua, dengan menentukan sendiri apa yang mereka inginkan atau tidak mereka inginkan, termasuk pada makanan.

Ketika anak kita berusia lebih dari 1 tahun, untuk meningkatkan berat badan anak sangatlah sulit, hal ini berbeda dengan saat usianya masih dibawah 1 tahun. Kita perlu tahu fakta bahwa ukuran perut batita tidak lebih besar daripada ukuran kepalan tangan mereka sendiri, jadi mereka tidak membutuhkan banyak kalori.

Pola makan di Indonesia biasanya adalah makan nasi, hal ini juga yang biasa diturunkan seorang ibu kepada anaknya. Biasanya ibu-ibu memberikan mereka nasi setiap hari dan setiap saat. Dengan melakukan hal ini justru anak akan menjadi seorang pemilih dalam makanan. Hal ini sangat mungkin terjadi dikarenakan orang tua membatasi makanan yang dikonsumsi/makanannya kurang berfariasi. Jika si anak tidak suka atau bosan terhadap makanan yang anda hidangkan ada baiknya bunda menginstrospeksi pola makan bunda sendiri. Misal apabila ibu tidak suka sayur maka kemungkinan besarnya adalah bunda jarang menghidangkan menu ini kepada buah hati, disinilah diperlukan kesabaran orang tua agar anak nafsu makan, bukan hanya sabar dalam menerima penolakan si buah hati terhadap makanan, tetapi juga sabar dalam menghidangkan berbagai variasi masakan.


"Faktanya bahwa kebanyakan batita akan mencoba jenis makanan baru setelah diperkenalkan antara 10 sd. 15 kali. BUnda tidak perlu memperkenalkan banyak makanan sekaligus, hanya perkenalkan makanan satu persatu"


Berpikir kreatif agar anak doyan makan

Agar anak memiliki nafsu makan tinggi, kita perlu berfikir kreatif. Tentu anak kita belum mengetahui dengan benar setiap nutrisi yang terkandung dalam setiap makanan. Namun mereka akan sangat tertarik dengan penampilan dan rasanya. Poin inilah yang kita gunakan untuk Meningatkan nafsu makan anak. Jadi akan percuma bila anda menyajikan makanan yang sangat kaya akan nutrisi, namun penyajian atau penampilannya kurang menarik sama sekali. Semisal anda ingin menghidangkan nasi dan bayam, kemudian di blender dan disajikan begitu saja kepada si buah hati. Tentu nafsu makan anak berkurang, karena dia tidak akan tertarik dengan penampilanya. Agar anak nafsu makan perlu disajikan penampilan yang menarik, coba saja bayangan jika bunda saja tidak suka melihat penampilan makanan, apalagi si anak yang harus memakannya. Bisa saja acara makanan yang seharusnya menjadi mendia pendekatan ibu ke anak justru berubah menjadi trauma bagi sikecil karena menyantap makanan yang sangat tidak menarik.

Agar anak doyan makan anda tidak perlu menjadi seorang chef atau seorang ahli dalam bidang memasak. Yang anda butuhkan untuk Meningatkan nafsu makan anak adalah sedikit kreatifitas dan beberapa langkah sederhana. Beberapa cara itu dapat ditempuh dengan :

- Sajikan potongan-potongan yang menarik
Kebiasaan kita jika menyajikan buah adalah memotongnya kecil-kecil mejadi segi empat. Mulai saat ini hindarilah hal ini, cobalah percantik penampilan buah dengan menggunakan cetakan kue berbentuk lucu-lucu, bisa berupa hati, bintang atau binatang tertentu. Sangat mungkin anak anda akan tertarik melihat bentuk hati/bintang/binatang dipiring, dan hal ini tentu akan meningatkan nafsu makan anak.

- Memperkenalkan SMoothie

Nah untuk penyajian buah, anda tidak harus memotongnya kotak-kotak padat, atau juga tidak selalu menyajikan potongan-potongan lucu. Anda dapat membuat variasi seperti memperkenalkan smootie. Cobalah bunda membuat sajian smootie dengan cara memblender susu dan strawberri. Agar anak nafsu makannya bertambah, kita harus menyajikan sesuatu yang berfariasi.

- Memperkenalkan Sayuran Artistik
Menghidangkan sayuran tidak selalu harus menggunakan cara lama, anda dapat membuat berbagai model/bentuk dari sayuran. Misalnya buatlah sayuran dengan tampilan Artistik. Cobalah membentuk sayuran dengan bentuk wajah. Wortel yang dipotong tipis memanjang untuk hidung, Potongan daun brokoli untuk rambut, buncis untuk bibir yang sedang tersenyum dan dua irisan tomat untuk mata. Agar anak suka sayur kreatifias sangatlah diperlukan. 


- Bermain warna warni buah
Tempatkanlah buah yang telah dipotong dengan aneka ukuran dan warna tadi dipiring yang ceper. Kemudian berikanlah nama pada potongan-potongan tersebut satu persatu. Misal Apel bintang untuk menyebut buah apel yang dipotong menyerupai bintang, atau semangka ikan untuk semangka yang dipotong dengan bentuk ikan. Kemudian minta sikecil untuk menyebut "benda mana" yang akan dia makan. Hal ini merupakan permainan yang juga dapat menambah selera makan anak

- Menyuapi sambil bercerita
Adakalanya anak kita cepat bosan ketika makan, maka bukan hanya bernyanyi cara untuk menarik perhatiannya. Bercerita saat makan juga terbukti ampuh untuk meningkatkan selera makan anak. Ceritakan misalnya, adek, si ikan mau masuk gua, guanya dibuka lebar-lebar ya, atau pesawatnya mau  mendarat buka landasannya. Dia akan merasa terhibur dan akan lupa dengan hal yang membosankan. Ini adalah trik jitu ketika nafsu makan anak menurun.

Hal yang perlu dihindari

- Jangan memberikan susu secara berlebihan pada usia 2 tahun
Pada usia 2 tahun anak akan mulai disapih. Kenalkan dia dengan makanan padat, dan hindari konsumsi susu secara rutin seperti ketika dia bayi. Apabila dia kenyang akan susu, nafsu makan anak terhadap makanan padat akan menurun. Hanya konsumsi susu 2x sehari pada anak umur 2 tahun lebih. Untuk Meningatkan nafsu makan anak terhadap makanan padat, berikan mereka variasi, dan jadikan ini sebagai makanan utama, bukannya susu.

- Memaksa buah hati
Memaksa makan justru akan  membuat nafsu makan anak berkurang. Cobalah untuk bersabar dan memaklumi bahwa anak kita sangat ingin menunjukkan eksistensi dan kekuasaanya. Apabila anak kita telah makan di pagi dan sore hari kemungkinan malamnya juga masih kenyang. Dan lagi ukuran perut anak masih sangat kecil jadi belum membutuhkan banyak kalori. Ingat, bila anak anda tidak mau makan, jangan memaksanya, bersikap sabar dan kreatiflah agar anak anda nafsu makannya tinggi.

- Menyogok
Hal ini sangat sering dilakukan oleh orang tua, yakni agar anak doyan makan mereka memberikan iming iming akan membelikan es krim. Memang hal ini kadang efektif, karena anak lebih tertarik dengan hariahnya. Namun Hindarilah hal ini, karena anak hanya akan makan bila ada iming imingnya, dan mengkonsumsi es krim justru dapat berdampak pada kesehatannya.

-  Menyediakan cemilan
Menyediakan cemilan dalam jumlah banyak haruslah dihindari, karena anak akan lebih cenderung menyukai cemilan daripada nasi. Cemilan seperti es, biskuit, wafer, permen dll justru akan membuat anak anda lupa akan makan besar. Anda dapat menyediakan cemilan pada saat-saat tertentu saja, sebagai alternatif anda dapat menggantinya dengan buah yang sehat.

Lalu tips apa yang dapat ditempuh agar anak doyan makan

- Libatkan anak anda
Dengan melibatkan dia mulai dari proses memilih makanan, membersihkan dan memasak anda akan memotivasi si anak dan akan membuatnya lebih percaya diri karena diberikan tugas tertentu dan dan hal ini tentunya akan mengasah ketrampilan buah hati dalam bidang memasak.

- Tanyakan dua pilihan kepada anak anda
Ketika nafsu makan anak berkurang, cobalah berikan pertanyaan tentang makanan apa yang mau dia makan. Berikanlah dia 2 pilihan saja, karena bila banyak pilihan dia malah bingung. Misal adek malam ini mau makan sup jagung atau sup sayur? Dengan menjawab maka ada rasa tanggung jawab untu memakannya saat dibuatkan. Tawarilah juga cemilan sehat, biasakan makan cemilan ini rutin pada sore hari, dan tanyakan kepada mereka "adek sore ini mau buah pisang atau jeruk?" hal ini akan membantu Meningatkan nafsu makan anak 



- Memasak bersama-sama
Momen memasak bisa jadi momen yang bahagia dan menambah kedekatan si buah hati. Libatkanlah anak anda dalam memasak makanan yang akan mereka makan sendiri. Ajaklah anak anda, berikanlah tugas-tugas yang sederhana serta tidak berbahaya seperti mencuci sayur, memotong buah dengan cetakan dan lain-lain.

- Berbkebun bersama si buah hati
Hal ini juga mampu mempengaruhi agar anak doyan makan. Ajaklah sikecil berkebun bersama, tanamlah tanaman dikebun rumah anda semisal kacang, tomat, jeruk nipis dan bawang. Ajalklah mereka merawat tanaman, dan ajak pula mereka memetiknya untuk kemudian dimasak bersama. Dengan menanam dan merawatnya akan muncul rasa penasaran pada si buah hati untuk mencicipi hasil kerja kerasnya.

Rumus untuk Meningatkan nafsu makan anak

Ada metode atau rumus penting yang telah dirumuskan oleh Linda Piette, Seorang Penulis buku anak ternama. Dia menyarankan rumus "Food Chaining" untuk mereka yang memiliki masalah serius terhadap nafsu makan yang menurun, metode ini mengharuskan bunda untuk "mengenali makanan yang disukai sianak dan mengembangkan menu tersebut". Teknik ini juga mampu membuat jembatan antara makanan yang sering dimakan si anak dengan makanan asing yang belum dikenalnya.

 


Jika anak anda suka Keripik Pizza Es Krim
langkah 1  Keripik Veggie Pizza English muffin Milkshake Strawberry buatan sendiri
langkah 2 Potongan kering kentang manis panggang Keju panggang diatas tepung gandum dengan saus pizza Yogurt dengan buah halus
langkah 3 Potongan tipis wortel renyah Pasta gandum dengan saus pizza dan keju parut Makanan dengan bahan dasar yogurt dengan potongan besar buah segar sebagai pendamping

8 komentar:

  1. Balasan
  2. Salam blogger,

    Halo halo..., kunjungan pertama niih.... Boleh perkenalkan diri dulu ya :D

    Nama saya Vidia, penjual VCD pendidikan anak hehe. Produk yang saya jual adalah VCD pendidikan khusus untuk produk PT. Kastari Sentra Media. Koleksi VCD dibagi menjadi beberapa kategori yakni: Seri Ibadah Anak, Seri Pendidikan Awal, Seri Pendidikan Moral, Seri Pendidikan Karakter, Seri Pendidikan Anak, Seri Preschool.

    VCD ini bisa banget buat hadiah ulang tahun anak, adik atau ponakan. Anak usia 2-5 tahun tentu senang melihat animasinya. Jika Anda tertarik dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap silakan berkunjung ke toko online saya. Makasih ya...

    BalasHapus