Kamis, 16 Januari 2014

Cara efektif meningkatkan daya ingat

Tips dan trik cara mengingat segala sesuatu


Pengantar

Otak kita bekerja sebagai penyimpanan yang disebut sebagai fungsi memori/daya ingat. Terdapat dua macam memori yakni memori jangka panjang dan memori jangka pendek. Di dalam otak kita berbagai jenis informasi tersimpan, dan karena otak kita mempunyai kapasitas yang besar sekali maka dibutuhkan sistem dimana memori dapat dikodekan dan dapat diambil dengan sangat mudah.

Kita membutuhkan kemampuan otak yang cepat dalam mengambil informasi apapun, dan untuk tujuan apapun, apakah informasi tersebut lama atau baru. Terkadang ada saat-saat dimana otak
kita tidak dapat mengingat informasi yang kita butuhkan. Lebih parahnya lagi,  Hal itu merupakan yang besar yang dapat mempengaruhi hidup kita.

Ada kalanya pula bila kita pergi ke mall mungkin lupa dimana kendaraan diparkir, atau mungkin saat mengunjungi minimarket namun lupa akan barang yang mau dibeli. Sering pula kita menemui seseorang yang wajahnya kita kenali, namun tidak mengetahui namanya, hal ini tentu masalah, bisa kecil ataupun besar dan kadang memalukan.

Apabila anda masih muda dan sering mengalami kelupaan tersebut kemungkinan diusia 40 an anda akan lebih mudah lupa dan pada usia 60 an anda akan beresiko dengan penyakit alzheimer(kondisi dimana sel orak mati dan mengakibatkan sinyak otak tidak dapat tersalur dengan baik)

Pada banyak kasus, tingkat kelupaan seseorang akan mulai naik pada usia 30an.
Mulai saat ini kita harus mulai mengetahui bagaimana otak kita beroperasi dan bagaimana memori atau daya ingat kita bekerja. Hal-hal seperti kelahiran anak pertama, kelulusan anak kita adalah merupakan saat saat berharga yang perlu kita ingat.

Memori adalah memngingat sesuatu yang telah terjadi, mengingat orang, tempat dan segala sesuatu. Memori bukanlah hal yang dapat dilihat, dan hanya dapat diakses didalam otak anda.

Artikel ini akan memberikan tips dan trik bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan menggunakan kemampuan otak anda secara maksimal, sehingga dengan memanfaatkannya anda akan sulit melupakan sesuatu.

Memori jangka pendek dan memori jangka panjang
Informasi yang  kita terima akan tersimpan diotak, dan otak mempunyai 3 kemampuan dalam bidang memori. Ada area sensorik, memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Kita tidak perlu selalu berusaha mengingat-ingat informasi yang telah tersimpan dalam otak kita, ada bagian khusus yang bertugas melindunginya, meskipun setiap hari kita juga mengisi otak kita dengan berbagai informasi lain.

Memori jangka pendek tidak mempunyai banyak kapasitas. Memori ini hanya tahan tidak lebih dari 30 menit. Tetapi kita dapat meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dengan cara membagi informasi yang masuk menjadi beberapa potongan-potongan, hal ini dapat sedikit menambah kemampuan memori jangka pendek. Cara lain adalah dengan mengingatnya berulang kali.

Informasi yang bersifat penting menuju penyimpanan memori jangka panjang, namun melewati memori jangka pendek terlebih dahulu. Apabila anda mengulang-ulang mengingat informasi, maka kemungkinan informasi tersebut akan tersimpan dalam memori jangka panjang, yang tentunya akan tersimpan dalam jangka waktu yang lama.

Makanan untuk meningkatkan daya ingat


Diet sehat adalah baik untuk seluruh organ tubuh termasuk otak. Konsumsilah air putih dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi, dan jangan hanya bergantung pada supplemen penambah nutrisi. Hindari alkohol karena dapat menurunkan daya ingat.  Konsumsilah makanan-makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak antara lain:
- Buah-buahan
- Sayuran
- Dagung tanpa lemak
- Susu
- Air putih
Kita membutuhkan otak yang sehat bukan hanya untuk berfikir, tetapi juga untuk mengingat. Kita membutuhkan makanan yang mengandung anti oxidant, diantaranya adalah:
- bayam
- brokoli
- bluberi
Anda juga harus menyertakan ikan dalam diet Anda, seperti:
- ikan kod
- ikan salmon
- Sarden
- tuna, dll

Terdapat kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan, yang berfungsi untuk menjaga fungsi otak, kandungan omega 3 juga dapat mencegah kepikunan.

Makanan yang mengandung asam folat(vitamin B) juga baik untuk otak, makanan jenis ini telah terbukti mampu meningkatkan daya ingat. makanan tersebut adalah:
- buah-buahan
- Sayuran berdaun hijau
- kacang polong
- kacang kering
- produk biji-bijian
- sereal
Selain beberapa makanan diatas anda juga perlu mengkonsumsi protein seperti daging ayam, telur, dan selai kacang. Apapun kombinasi makanan anda, harus mampu menyediakan kebutuhan kalori untuk energi agar tetap aktif.

Cobalah untuk menghindari makanan yang memiliki banyak lemak jenuh di dalamnya. Hal itu akan menyebabkan kolesterol anda naik tajam. Anda bisa makan makanan yang memiliki lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh ganda, termasuk yang terdapat pada minyak zaitun.

Sangat penting untuk memperhatikan aliran darah ke otak, minyak zaitun dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan membantu pertumbuhan sel-sel baru. Mengkonsumsi vitamin B juga telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat.

Berlatih untuk meningkatkan kemampuan memori

Berlatih dapat secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. beratih sama halya dengan berlatih sepak bola, yang berbeda hanyalah intensitasnya. Hal yang berlaku sama adalah, semakin giat kita berlatih semakin baik pula kemampuan kita.

Buatlah kelompok, dan hafalkan nama masing-masing orang, kemudian sebutkan nama-nama tersebut. Hal ini memang terdengar sangat sederhana, namun jika anda melakukannya terus menerus akan meningkatkan kemampuan daya ingat.

Latihan lain adalah dengan cara konsentrasilah dalam membaca artikel sebuh majalah atau koran, perhatikan dengan jelas topik dan detail artikel tersebut, apabila anda berhasil maka anda telah dapat berkonsentrasi terhadap apa yang anda baca. Jika anda belum mampu, gunakan konsentrasi lebih untuk menyerap informasi, mengingat hal-hal kecil dapat menjadi kunci meningkatkan kemampuan daya ingat.

Tetap Fokus

Bagian dari berlatih adalah membaca dengan fokus/konsentrasi, anda harus benar-benar fokus. Jika kita berkomunikasi dengan orang lain, dengarkan apa kata mereka. Beberapa orang mengalami masalah dalam berkonentrasi di keramaian, temukan tempat yang tenang untuk berlatih, minimalkan hal-hal yang dapat merusak konsentrasi. Ulang-ulang informasi tersebut didalam fikiran anda, hal ini dapat meningkatkan kemampuan memori.

Gunakanlah catatan bila perlu, pada awalnya kita akan sangat kesulitan mengingat berbagai macam informasi, oleh karena itu catatan berperan penting untuk menyimoannya dalam jangka waktu yang panjang.

Aktifitas Fisik/ Olah raga

Aktifitas fisik juga dapat meningkatkan memori, kita dapat berjalan dan membebaskan diri dari aktifitas yang menjemukan. Kegemukan dapat menjadi penghalang untuk meningkatkan kemampuan memeori, hal ini dikarenakan penyumbatan arteri membuat otak tidak mendapatkan cukup oksigen dari aliran darah.

Olah raga yang cukup juga diperlukan. Otak kita membutuhkan aliran darah/udara yang baik agar berfungsi maksimal. Semakin baik tingkat kesehatan kita semakin baik pula kemampuan memori kita. Berjalan juga dapat mengurangi stress, berjalanlah minimal 30 menit setiap hari, hal ini akan membantu kita lebih fokus dan meningkatkan ketajaman otak. Stress juga dapat menjadi penghalang untuk meningkatkan kemampuan daya ingat, menghalangi fokus dan tidak dapat berfikir jernih,  anda dapat menyiasatinya dengan teknik pernafasan tertentu.

Word games atau puzzle juga dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi.

Visualisasi dan Penghubungan

Banyak orang yang mampu meningkatkan memori dengan cara merubah kata/nomor menjadi gambar. Misal jika kita ingin menghafal nomor rumah,visualisasikan nomor tersebut ke dalam gambar, contoh no. 248, 2=bebek, 4=kursi dan 8=kuda, visualisasikan ada bebek naik di kursi sedang menunggangi kuda. Atau bayangkan bebek menggigit kursi dan mengejar-ngejar kuda. Semakin aneh anda membayangkan maka semakin mudah ingat pula kita. Jangan membayangkan hal-hal yang logis/biasa yang justru tidak efektif. Hal ini akan sejalan dengan kemampuan otak yakni merekan sesuatu yang "tidak umum". Guru saya ketika sekolahpun juga berkata demikian, mereka bilang bahwa "saya mudah menghafal nama anak yang gendut, kurus, ganteng atau cantik" namun untuk anak yang memiliki ciri-ciri sama dengan lainnya, sulit untuk menghafalnya.

Aroma terapi atau Essential Oil

Tahukah anda bahwa beberapa peristiwa berhubungan dengan bau. Jika kebetulan anda mencium bau parfum, mungkin anda akan berpikir sesutau yang telah terjadi beberapa tahun yang lalu. Menggunakan Aroma terapi dapat membantu meningkatkan daya ingat. Ada kandungan khusus dalam aroma terapi yang dapat membantu anda berkonsentrasi dan mengingat. Bau-bauan tersebut adalah pappermint dan eucalyptus.

Essential Oils memberikan bau wangi yang berasal dari daun, kulit batang, bunga dan buah aromatik. Minyak ini menyediakan aroma khusus yang dapat digunakan untuk menstimulus otak anda. Salah satunya adalah rosemary yang umum digunakan untuk meningkatkan daya ingat. Aroma tersebut juga mampu membantu anda lebih konsentrasi dan berfikir "out of the box". Apabila anda seorang pelajar atau mahasiswa, minyak ini akan berguna membantu mengingat materi-materi pelajaran. 


Sage, basil dan bay laurel adalah essensial oil lainnya yang biasa digunakan untuk meningkatkan daya ingat. Aroma terapi juga berfungsi untuk mengurangi stress, beberapa diantaranya adalah lavender dan chamomile,

Apabila anda mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi atau meningkatkan daya ingat, gunakan aroma mint atau aroma jeruk. Anda dapat meneteskan Essential oil ke kapas dan menghirupnya, apabila bosan dengan satu aroma, anda dapat menggunakan beberapa aroma sekaligus.

Jadilah Unik dan Kreatif untuk meningkatkan daya ingat

Bacalah buku disetiap waktu luang, gunakan paling tidak 1 jam untuk membaca buku fiksi dan non-fiksi. Selalu sempatkan membaca walaupun sibuk bekerja, diwaktu rehat siang, didalam kereta atau bus. Apabila anda menyukai binatang, anda dapat membaca buku tentang kucing ataupun ikan.

Dekorasi rumah anda dengan warna-warni berbeda, gunakan sisi kreatif anda dalam hal apapun, mendengarkan musik juga dapat menstimulasi otak, pilihlah musik dengan irama yang pelan dan dapat menenangkan pikiran.

Bangun kebiasaan baik dan hilangkan kebiasaan buruk

Hilangkan kebiasaan yang tidak perlu yang sifatnya berulang-ulang, dan ingat-ingatlah kebiasaan baik yang diperlukan secara berulang-ulang. Cobalah membuat kebiasaan sederhana seperti menaruh sandal, pensil, buku dll pada tempatnya. Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk/tidak perlu seperti menaruh baju/celana tidak pada tempatnya. Banyak sekali contoh lain: organisir makanan yang anda konsumsi, jadwallah kapan anda membersihkan rumah setiap hari, catatlah informasi penting seperti alamat rumah, no telp, dalam satu buku khusus, dll. Kuncinya adalah berilah perhatian/fokus pada kebiasaan-kebiasaan yang anda lakukan, jadikanlah kebiasaan yang paling sederhana menjadi sangat bermanfaat.

Trik Mnemonic

Cara lain untuk meningkatkan  daya ingat adalah menggunakan Trik Mnemoniak . Trik Mnemoniak adalah trik yang agak sulit dipelajari, namun terbukti dapat  meningkatkan kemampuan memori. Apapun yang ingin anda ingat, seperti nama, Jadwal pelajaran, alamat, nomor trik ini dapat digunakan. Trik ini lazim disebut trik "akronim" atau yang berarti kependekan. Akronim dibuat dengan mengambil huruf pertama pada setiap kata yang ingin kita hafalkan. Contoh:
s-strengths
w-weaknesses
o-opportunities
t-threats

KD=Kris Dyanti
BCL=Bunga Citra Lestari

Metode ini bekerja dengan cara "meringkas"menjadi kata yang mudah dihafal, bisa jadi kata itu merupakan nama benda,kt kerja dll atau kata baru yang kita ciptakan agar mudah diingat. Tentunya lebih mudah bagi kita untuk mengingat sesuatu seperti angka dan huruf dalam jumlah yang pendek ketimbang panjang. Metode ini entah sengaja atau tidak sengaja juga digunakan oleh para artis sebagai Brand/identity agar masyarakat lebih mudah mengingatnya, serta dapat mendongkrak popularitas.


Metode Chunking

Metode Chunking termasuk salah satu Cabang dari NLP=Neuro Linguistik programming. Chunking adalah menyederhanakan, yakni menyederhanakan/memecah tujuan-tujuan besar menjadi beberapa tujuan kecil yang relevan dan mudah untuk diingat. A. Jika anda mempunyai tujuan hidup atau cita-cita yang besar cobalah untuk memecah dan menyederhanakannya dengan tujuan-tujuan kecil yang dapat kita raih dan berefek positif terhadap psikologi kita. Apabila secara psikologis kita merasa mampu, maka kita akan lebih bersemangat dalam melaksanakannya. Metode Chunking yang kedua adalah menyederhanakan tugas-tugas kecil yang banyak menjadi hanya beberapa tugas. Hal ini sejalan dengan kemampuan otak yang sangat efektif mengingat 5-9 perkara.  Metode chunking juga sangat ampuh untuk meningkatkan daya ingat dan dapat digunakan untuk mengingat angka maupun kata.
Contoh penyederhanaan tugas saya:
- Menulis arikel di blogger
- Membaca Buku/Majalah/koran
- Mengupdate beberapa website
- Menulis Ebook
- menulis buku
- membaca email masuk
- membaca artikel masuk
- mendesain website
- menjawab blog comment
- Mengikuti training/pelatihan
- Memasang iklan
dapat dikelompokkan menjadi
- Pengembangan diri : membaca buku, mengikuti pelatihan, menulis artikel
- Pemasaran : Memasang iklan, membalas blog comment, mendesain website.
- Produk : Menulis artikel dan menulis buku
Kuci utamanya adalah menyederhanakan banyak tugas menjadi tugas sederhana yang berjumlah tidak lebih dari 9.
Contoh lain adalah memecah tujuan yang besar menjadi langkah-langkah kecil adalah :
Tujuan Besar : Saya ingin mendapatkan  $400 per bulan dari pernghasilan Online
diubah menjadi langkah-langkah kecil:
- Ikut kursus Internet Marketing
- Membuat Blog gratisan
- Belajar Menulis artikel
- Upload 1 Artikel setiap hari
- Daftar dan mengikuti program adsense
- Berusaha menempatkan sebuah artikel di page one google
Beberapa langkah terperinci diatas akan membuat otak kita "mampu" untuk melaksanakan hal-hal sederhana dari pada ujug-ujug menghasilkan $400 tanpa pemikiran yang jelas.

Metode chunking juga bermanfaat untuk menhafalkan kata dan angka, untuk menghafalkan angka metode yang dilakukan adalah menghubungkan angka-angka dengan peristiwa/sesuatu. Misal: 1203 adalah tanggal lahir dan bulan, 123=urutan angka 1945=hari kemerdekaan 3=bebek 4=kursi dll. Kemudian hubungkan angka-angka tersebut menjadi sebuah kalimat.

Tirk ini juga dapat digunakan untuk mengingat beberapa kata misal: Sapi,rumput, lapangan, tenis, anjing, air, danau, trik ini dapat dilakukan dengan cara membuat cerita sederhana.  "Saya sedang melihat sapi makan rumput di dekat lapangan tenis dan anjing sedang meminum  air didanau" . 

Menggunakan lingkungan disekitar kita

Gunakanlah baju dengan bebagai macam warna, warna juga dapat memberikan efek pada memori kita. Salah satu contoh apabila kita mempunyai sesuatu berwarna merah, hal itu akan membuat kita lebih konsentrasi. Apabila kita ingin kreatif, gunakanlah warna biru, untuk konsentrasi warna lain yang dapat kita gunakan adalah hijau.

Gunakanlah timer ketika membaca, dengan waktu yang terbatas anda akan lebih konsentrasi. Hilangkanlah segala gangguan/kebisingan disaat kita belajar. Istirahatlah sejenak jika lelah, hal ini akan membatu kita merefresh otak dan tubuh kita.

Mengingat Nama, Tempat dan Hal-hal lain

Ketika parkir mungkin kita sering lupa dimana letak kendaraan, siasati hal ini dengan melihat hal disekeliling kita, apabila anda melihat sesuatu yang unik, baik itu warna maupun bentuk, ingat-ingatlah dan kemudian hubungkan dengan kendaraan anda. Usahakan mengingat secara berulang nama orang yang baru disebutkan, nama jalan dan lain-lain untuk membantu kita berlatih kemampuan memori. 

Tidur untuk meningkatkan daya ingat

Tidur minimal 1 jam pada siang hari terbukti dapat meningkatkan kemampuan memori. Waktu tidur yang baik dalam sehari adalah 6-8 jam. Hindari konsumsi alkohol, hal tersebut justru merusak kemampuan memori serta konsentrasi. Santailah, dan rilekskan diri anda, carilah berbagai artikel tentang cara tidur pulas agar otak kita dapat beristirahat secara maksimal. Karena kurang tidur berarti kurang konsentrasi.






8 komentar:

  1. info meningkatkan daya ingat nya menarik banget, bisa dipraktekkan. aq juga punya info cara efektif lainnya disini http://goo.gl/6EM48m

    BalasHapus
  2. makasih ,.. oleh di share ya.. ini keren informasinya


    ____________ Nitip http://goo.gl/mCL0R5

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas postingannya, jadi lebih tau sekarang ttg daya ingat :)

    BalasHapus