Minggu, 12 Januari 2014

Selulit : Pencegahan dan Perawatan


- Pengantar

Setiap orang mungkin saja terkena selulit terlepas apakah dia tua, muda, laki-laki atau perempuan. Selulit / Stretch Marcks muncul karena ketidakmampuan kulit untuk meregang dalam waktu yang lama yang mengakibatkan pecahnya serat collagen dan elastin dalam lapisan kulit. Hal ini akan menyebabkan masalah karena munculnya garis-garis putih
merah muda mirip kulit jeruk di beberapa tempat di tubuh kita, sehingga tidak sedap dipandang mata.

Sebagian orang kadang melihat kulit sebagai cermin kondisi mental, emosional bahkan status sosial seseorang. Kesadaran akan penampilan adalah bawaan alami manusia, sehingga selalu muncul keinginan untuk tampil sempurna.

Saat ini, mengunjungi berbagai macam klinik kesehatan kulit adalah suatu kebutuhan bagi sebagian orang, terbukti dengan meningkatnya kunjungan dan jumlah klinik dermatologis dari hari ke hari. Meskipun penyakit kulit memiliki tingkat kematian yang rendah, banyak sekali orang yang khawatir akan penyakit kulit mereka, orang yang menderita penyakit internal mungkin tidak terlalu khawatir akan penampilan mereka, namun sebaliknya jika seseorang mempunyai penyakit kulit, orang lain akan langsung tau dengan jelas perubahan yang terjadi.

Susunan Jaringan Kulit
Kulit memiliki tiga lapisan - Lapisan terluar disebut Epidermis, lapisan tengah disebut dermis dan lapisan terbawah disebut hypodermis. Epidermis terdiri dari keratinosit dan melanosit. Dermis mengandung serat dan terdiri dari protein seperti kolagen dan elastin dengan gel untuk mengisi sekat antara serat protein. Lapisan terbawah hypodermis mengandung lemak dan jaringan pembuluh darah dan saraf.

Collagen : adalah struktur protein yang membentuk 80% jaringan ikat. Kolagen berfungsi seperti zat penyemen antara sel-sel tubuh. tubuh. Tingkat perbaikan jaringan tergantung pada produksi kolagen. Kondisi yang menghambat pembentukan kolagen dapat menunda penyembuhan luka.

Elastin: Adalah protein yang bertugas mempertahankan elastisitas kulit. Bersamaan dengan kolagen dan glikosaminoglikan membentuk jaringan ikat.

Kulit manusia memiliki beberapa fungsi seperti perlindungan, regulasi panas, keseimbangan kandungan air, eskresi dll. Kulit mendukung struktur tubuh bagian dalam dan mampu meregang sampai batas tertentu karena adanya serat protein elastis dalam dermis. Tapi pembesaran terlalu cepat dari bagian tubuh menyebabkan peregangan berlebihan pada kulit, sehingga menyebabkan pemecahan kolagen dan elastin pada lapisan dermis. Hal ini menyebabkan perubahan warna yang disebut stria atrophia atau stretch mark(selulit). Awalnya tanda ini sedikit merah muda dan kemudian berubah menjadi putih.

- Faktor Yang Mempengaruhi Kulit

Faktor-faktor khusus dapat mempengaruhi kualitas/kondisi kulit kita. Warna kulit tergantung dan faktor keturunan dan ras. Kulit yang sehat adalah kulit yang elastis dan bebas dari kekeringan.
Faktor-faktor berikut sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita:
- Faktor Keturunan
- Faktor LIngkungan
- Faktor Konsumsi Makanana
- Faktor Nutrisi
- Konsumsi Air
- Kesehatan tubuh secara umum
- Sensitivitas kulit terhadap faktor-faktor luar
- Perawatan Kulit
- Kebersihan
- Kondisi Mental dan Emosional Seseorang
- Pekerjaan
- Dan Gaya Hidup
Sinonim
Beberapa sinonim/persamaan kata dari selulit adalah :
Linea labicante.
Striae atrophicae.
Striae cutis distensae.
Lineae atrophicae.
Vergetures.
Stria gravidarum (stretch marks selama kehamilan).
Striae distensae.

Mitos yang Salah Tantang Selulit/Stretch Marks

- Hanya Wanita yang terkena Selulit
- Hanya Wanita Gemuk dan Hamil yang terkena Stretch Marks
- Selulit tidak dapat disembuhkan
- Selulit tersebar diseluruh bagian tubuh
- Selulit merupakan indikasi seseorang sedang sakit
- Selulit dapat berkembang menjadi leukoderma (kondisi kulit kronis yang dapat mengakibatkan hilangnya pigmen)
- Selulit dapat Menular

Fakta tentang Selulit:

- Baik laki-laki atau perempuan dapat terkena Selulit
- Langsing/gemuk dapat terkena Selulit
- 70% remaja perempuan terkena Stretch Marks
- 90% perempuan hamil terkena Stretch Marks
- Selulit dapat bertahan dalam waktu yang lama, namun dapat kurang terlihat kemudian
- Olah raga teratur dapat mencegah Selulit, sedangkan olahraga berat dan body building dapat menyebabkan Selulit
- Pengobatan Modern cukup efektif namun biayanya mahal
- Terapi laser dan zat kimia tertentu dapat menyebabkan rasa sakit dan bekas luka.
- Pengobatan alami sangatlah murah dan bebas dari efek samping

Bagaimana Selulit Terbentuk

Selulit adalah guratan guratan  berwarna keputihan/kemerahan mirip dengan kulit jeruk yang terdapat dibagian tertentu di tubuh seseorang, dan dalam kondisi tertentu seperti kehamilan, kegemukan, pubertas dan lain-lain yang diakubatkan oleh peregangan kulit dalam jangka waktu yang lama.

Kulit yang sehat akan tahan meregang dalam waktu yang lama, namun lain hal dengan kulit yang kurang sehat, peregangan yang berlebihan akan menyebabkan pecahnya kolagen dan elastin yang terdapat pada lapisan dermis.

Apabila serat-serat protein tersebut pecah mungkin agak sedikit gatal, namun tidak menimbulkan rasa sakit. Bersamaan dengan pecahnya serat akan terjadi pelebaran pembuluh darah kecil dikulit, yang akan menghasilkan guratan merah yang disebut Stria Rubra. Selanjutnya, siring berjalannya waktu guratan ini akan berubah warna menjadi putih dengan hilangnya melanin di daerah yang terkena selulit dan kondisi ini disebut dengan Stria Alba.

Panjang selulit bermacam macam, sedangkan lebarnya antara 1-10 mm. Mereka berbentuk pararel antara satu garis dengan garis lain. Guratan ini sebenarnta terbentuk di jaringan dalam kulit dan secara bertahap mereka akan muncul di permukaan kulit. Daerah yang biasa terserang adalah perut, pantat, payudara, paha, punggung bagian bawah, bahu, ketiak, dan lain-lain.

Faktor-faktor pemicu terbentuknya Selulit

Selulit adalah bencana bagi orang-orang yang memperhatikan kecantikan kulit, beberapa faktor berikut dapat memicu munculnya Stretch Marks
- Jenis Kulit: Kulit kering memiliki cenderungan terkena stretch marks dibanding kulit dengan kelembaban cukup.
- Kesehatan secara keseluruhan: Penurunan daya tahan tubuh dapat menurunkan kemampuan kulit dalam meregang serta menurunkan elastisitas kulit
- Nutrisi : Nutrisi seperti Protein, vitamin, zat besi, seng sangat penting untuk kulit kekurangan nutrisi tersebut dapat mengakibatkan pembetukan selulit
- Kekeringan : Konsumsi cukup air sangat penting untuk elastisitas dan kelembutan kulit. Kurang air akan mengakibatkan kulit kering dan mudah terkena Selulit
- Faktor Lingkungan : Perubahan iklim dapat mempengaruhi kemampuan kulit.
- Faktor Keturunan: Selulit dapat terjadi karena faktor keturunan, kadang anak yang memiliki selulit didapatkan dari orang tua yang memilikinya pula.
- Konsumsi Makanan berlemak: Seseorang yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak akan mengalami kegemukan secara cepat, dan hal ini akan memicu timbulnya selulit
- Kurang Latihan Fisik: Kurang lahan fisik dapat menyebabkan meningkatnya timbunan lemak dan menurunkan kepadatan otot, kedua hal tersebut dapat memicu selulit
- Pekerjaan : Pekerjaan  yang menimbulkan kelelahan fisik dan mental berlebih  dapat memicu selulit
- Pengobatan : Konsumsi yang berlebih akan obat yang mengandung steroid/salep mengandung steroid akan memicu selulit
- Berbagai kebiasanan buruk : Perokok, meminum minuman keras, kekurangan nutrisi, stress, diabetes juga dapat memicu selulit, selain itu kandungan kafein didalam kopi dapat juga meningkatkan resiko terkena selulit.

Dimana Selulit terbentuk

Selulit dapat terbentuk karena beberapa kondisi seperti hamil, puber, kegemukan dll. Dan biasanya terlihat di daerah perut, paha, payudara, pantat, dan punggung.
1. Perut : Selulit  didaerah perut biasanya terjadi karena hamil dan kegemukan. Pada kegemukan kelebihan lemak di daerah perut yang terus menumpuk dapt juga menghasilkan selulit. Ascites adalah suatu kondisi dimana kelebihan cairan akan dikumpulkan dalam rongga peritoneal karena berbagai macam sebab, yang meregangkan dinding perut. Demikian pula, setiap benjolan besar atau tumor di perut juga dapat menyebabkan peregangan kulit.
2. Paha : Biasanya terlihat pada atlit binaraga atau angkat beban. Kegemukan dan masa puber juga dapat menjadi penyebab yang lain.
3. Payudara: Pembesaran pada payudara adalah suatu karakter yang dimiliki perempuan. Selama masa puber Selulit dapat muncul didaerah ini, dan akan lebih banyak apabila orang tersebut juga mengalami obesitas/kegemukan. Namun demikian, Selulit sangat umum terjadi pada masa kehamilan, karena pembengkakan dan pembesaran payudara.
4. Pantat: Pada pantat, umumnya dikarenakan oleh masa puber, wanita lebih rentan terkena daripada laki-laki karena perkembangan berbagai organ wanita. Penimbunan lemak akan berlebihan di area ini. Namun kegemukan akan berpengaruh kepada kedua jenis kelamin.
5. Punggung:Selulit akan muncul karena latihan dan pembesaran otot punggung terutama bahu.
6. Daerah-daerah lain: Pembengkakan karena kondisi seperti penumpukan lemak atau tumor juga dapat menimbulkan Selulit di daerah manapun di tubuh kita.

Sekali Selulit muncul, di perlukan waktu untuk menyamarkannya.

Bagaimana Selulit dapat Mempengaruhi seseorang

Laki-laki atau perempuan dapat terkena selulit, namun wanitalah yang lebih rentan. Mungkin untuk pria selulit bukanlah masalah besar, namun sebaliknya untuk wanita selulit dapat menimbulkan Trauma mental yang juga dapat menimbulkan depresi bagi sebagian orang. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi gaya pikir dan sensitivitas seseorang.  Meskipun ada beberapa orang wanita yang menganggap selulit adalah sesuatu yang tidak penting namun fakta menunjukkan menjamurnya berbagai macam klinik dermatologis.

Banyak pasien yang merasa kecewa akan nasihat dokter, karena dokter berkata bahwa mereka tidak perlu repot-repot mengurusi selulit. Dokter selain ermatologis biasanya mengabaikan Selulit, karena hal ini tidak menimbulkan efek samping dan lebih memberi perhatian pada organ-organ vital dan fungsi tubuh yang lain. Namun demikian pengobatan Selulit , dukungan moral, dan saran dari dokter dapat banyak membantu penderita. Karena begitu banyak permintaan terhadap perawatan kecantikan, banyak sekali produk yang dijual dipasaran untuk mengatasi selulit. Namum produk-produk tersebut belum terbukti ampuh untuk mengatasi selulit. Hanya dalam beberapa kasus dapat menghasilkan manfaat bagi penderita. Perawatan modern seperti Operasi Plastik, Terapi laser telah terbukti ampuh menghilangkan selulit, Statistik menunjukkan bahwa orang-orang rela membayar mahal untuk menghilangkan selulit.

Kehamilan dan Selulit

Penambahan berat badan, peregangan kulit, kurangnya aktivitas, penumpukan lemak, dan perubahan hormonal adalah penyebab munculnya selulit pada wanita hamil. Striae gravidarum adalah sebutan medis untuk Selulit pada wanita hamil. Selulit dapat ditemukan terutama  pada bagian perut. Payudara juga pengalami pembengkakan selama kehamilan.

Untuk mencegah munculnya selulit didaerah payudara, terdapat bra khusus yakni Supportive Maternity bra, yang harus dikenakan selama masa kehamilan. Pemijatan dengan minyak khusus seperti minyak zaitun, minyak laender, jojoba oil dapat membantu mencegah munculnya selulit. Jangan manggunakan cream yang mengandung retin karena dapat menimbulkan efek samping pada msa kehamilan. Diet haruslah seimbang untuk memenuhi gizi ibu dan janin, Konsumsi lemak yang berlebih harus dihindari, dan selama kehamilan wanita sangat baik untuk banyak mengkonsumsi air putih. Diatas semuanya kecemasan / negatif feeling / trauma ibu harus dihilangkan karena akan mengakibatkan efek negativ baik untuk ibu dan bayi. 

Hubungan Antara Olah raga dan Selulit

- olah raga teratur  dapat mencegah terjadinya kelebihan timbunan lemak
- Sirkulasi darah dan aliran limfatik dapat dipengaruhi oleh olah raga
- Olah raga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menghilangkan sisa produk yang menempel dikulit.
- Olah raga angkat beban menimbulkan peregangan yang berlebih pada kulit.

Diet Untuk Mencegah dan Mengobati Selulit

Nutrisi sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Diantara nutrisi tersebut protein, vitamin dan zinc sangat penting untuk memperbaiki jaringan kulit.
Protein: Ini adalah kandungan yang sangat penting untuk jaringan tubuh. Pada dasarnya protein terbuat dari amino acids dengan proses yang disebut protein synthesis kemudian membentuk struktur protein dalam tubuh. Untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, protein  seperti kolagen dan elastin harus terkandung didalam kulit. Apabila tidak terjadi perbaikan dengan segera akan dapat memicu selulit, ataupun penundaan penyembuhan luka.
- Vitamin A: Membantu meningkatkan kesehatan kulit dan perbaikan jaringan. Vitamin a dapat mencegah kekeringan pada kulit. Produksi kolagen sangat dipengaruhi oleh vitamin A. Semua fungsi yang dimiliki oleh vitamin A tersebut dapat mencegah terjadinya selulit / stretch marks.
- Vitamin C: Vitamin C juga sangat penting untuk pembentukan kolagen, atau dengan kata lain vitamin c merupakan suatu keharusan untuk penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.
- Zinc(Seng:Zn): Nutrisi ini sangat penting untuk memproduksi kolagen yang dapat mencegah selulit / stretch marks.

Konsumsi makanan yang seimbang sesuai dengan umur, pekerjaan, dan penyakit yang diderita seperti diabetes harus dilakukan untuk menjaga fungsi kesehatan tubuh .

Hubungan antara Hormon dan perkembangan Selulit

Ini adalah fakta dimana hormon dapat mempengaruhi pembentukan selulit/stretch marks. Hampir semua kondisi yang menyebabkan stretch mark menunjukkan perubahan tingkat hormonal. Diantara hormon-hormon tersebut glukokortikoid mempunyai hubungan langsung dengan selulit dan hormon ini menghambat pembentukan kolagen.
Kondisi berikut dapat menimbulkan perubahan hormonal:
- Masa Puber
- Kehamilan
- Kegemukan
- Terlalu kurus
- Stress
- Depresi
- Terapi hormon
- Perubahan lingkungan
- Suntikan steroid pada binaraga dan atlit angkat beban

Bagaimana cara mengatasi / mengobati Selulit

Setelah panjang lebar kita membahas tentang apa itu selulit, tiba waktunya untuk membahas Bagaimana cara mengobati Selulit. Selulit / stretch marks sangat umum diderita oleh banyak orang, dan saat ini terdapat berbagai macam cara pengobatannya. Hal terpenting adalah memilih pengobatan berdasarkan tingkat keparahan sakit yang dialami. Meskipun ini bukan kondisi yang dapat mengancam jiwa, banyak orang membutuhkan pengobatan karena alasan sosial. Dalam banyak kasus selulit adalah hal yang sangat membandel dan sulit sekali dihilangkan. Berbagai macam efek pengobatan juga tergantung dari umur, jenis kulit, kesehatan secara keseluruhan, asupan nutrisi dan penyakit yang diderita.  Selulit akan lebih baik diobati ketika baru muncul, namun apabila telah lama akan lebih sulit disembuhkan.

Beberapa cara penyembuhan selulit:
1. Aplikasi Luar
Dapat menggunakan Topical cream yang diaplikasikan langsung pada daerah yang terserang selulit dan cream ini dijaul dengan berbagai merk namun cream jenis ini membutuhkan kesabaran ekstra karena butuh waktu yang sangat lama untuk penyembuhan.

Topical cream adalah cream yang berfungsi memproduksi kolagen dan elastin apabila diaplikasikan langsung ke kulit, dan cream jenis ini banyak digunakan untuk pengobatan dengan berbagai hasil yang berbeda-beda pada setiap penderita.
- Terapi Retinoid Topical (menggunakan treatmen Retin A)
Contoh : Retinaldehid, tretinoin, Isotretinoin, adapalene, dll. Tretinoin sebaiknya tidak digunakan selama masa kehamilan dan menyusui.
- Krim asam glikolat(Glycolic Acid Creams) digunakan untuk menghilangkan lapisan luar kulit
- Silikon dioksida digunakan dengan beberapa manfaat
- Cream elastin untuk pembentukan elastin.
- Hydroxyproline
- Asam hidroksil Alpha(Alpha Hydroxyl Acids)  : 8 sampai 10%.
- Gliserol/Glycerol berfungsi sebagai pelembab
- Cream Vitamin E,A dan K
- Minyak yang mengandung vitamin E
- Cream antioksidan untuk mengusir radikal bebas
- Biopeptide CL

2. Penyamaran Selulit
Selulit tidak dihilangkan, melainkan ditutupi, misal dengan tato dan penutup lain, Metode ini kadang diaplikasikan, terutama diluar negeri, namun kita untuk pemeluk agama Islam tentunya hal ini diharamkan.

3. Dermabrasi
Dermabrasi: Di ​​sini lapisan permukaan kulit akan dihilangkan oleh prosedur yang disebut dermabrasi mikro, yang akan meningkatkan produksi kolagen yang mengakibatkan pembentukan kulit yang sehat dan normal. Metode ini dianjurkan bagi mereka yang tidak memilih teknik bedah yang menyakitkan dan mahal. Ini adalah metode termurah di antara semua jenis teknik peremajaan kulit. Di sini tidak ada bahan kimia atau obat-obatan yang diperlukan. Dermabrasi mikro melibatkan penggunaan pena seperti instrumen sandblast : penyemprotan kulit dengan kristal2 kecil sehingga menimbulkan gesekan yang berfungsi mengangkat lapisan permukaan kulit. Membutuhkan 10 sampai 12 pengaplikasian  untuk hasil yang lebih baik.


4. Skin Remodeling:
Pengobatan ini menggunakan media jarum atau laser. Dengan menusuk-nusuk jarum pada daerah yang terserang akan berfungsi meningkatkan produksi kolagen 

5. Chemical Peeling: Pengobatan ini menggunakan cream dengan bahan kimia tertentu. Cream ini berfungsi mengangkat lapisan epidermis kulit. Lapisan dermis akan menghasilkan lebih banyak kolagen dan kulit normal secara bertahap akan terbentuk. Namun metode ini menimbulkan rasa sakit bahkan luka karena beberapa reaksi. Asam Glikolat dan Jessner's peels biasa digunakan. Metode ini juga menyebabkan kulit berwarna merah dan membengkak selama beberapa hari, dan secara bertahap akan pulih kembali.

6. Laser Treatment
Metode inilah yang paling banyak digunakan, yang memberikan hasil lebih baik dari metode-metode lain. Statistik menunjukkan bahwa 70% pengobatan menggunakan Laser treatment memberikan hasil yang positif. Namun laser tidak bisa memberikan hasil yang baik dalam semua kasus karena bekerja pada jenis kulit tertentu. Berbagai jenis laser digunakan berdasar atas warna kulit. Disini sinar laser yang sangat kecil diaplikasikan ke daerah yang terserang selulit dan akan menstimulasi produksi kolagen. Jenis laser yang paling sering digunakan adalah Pulse Dye Laser karena mampu memberikan hasil yang terbaik diantara metode laser yang lain. Namun pengobatan selulit menggunakan laser membutuhkan biaya yang sangat mahal dan menimbulkan rasa sakit selama berlangsungnya pengobatan. Lebih dari 5 kunjungan diperlukan untuk memberikan hasil yang baik.

7. Bedah
Metode ini adalah metode-metode operasi/bedah seperti pengurangan kulit, pencangkokan kulit dan sedot lemak.

8. Endermologie:
Pengobatan ini pertama kali digunakan di Prancis, Pengobatan dilakukan dengan mesin khusus untuk memijat, serta dengan bantuan roller dan penghisap. Mesin ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah dan menghilangkan racun dalam kulit. Metode ini juga dapat memperkuat jaringan ikat kulit. Metode ini telah memberikan hasil yang baik dan dapat menyamarkan stretch marks / selulit.

Bahan alami untuk mengobati selulit

Banyak dari kita menghabiskan banyak untuk pencegahan dan pengobatan selulit. Hampir semua metode modern berbiaya sangat mahal. Sejumlah besar aplikasi eksternal dan kosmetik juga mahal. Namun manfaat yang sama dapat dicapai dengan menggunakan beberapa bahan alami yang tersedia dan mudah untuk didapatkan. Beberapa jenis bahan atau makanan alami untuk aplikasi eksternal maupun di konsumsi secara lansung. Berikut adalah rinciannya:

a) Cocoa butter adalah obat eksternal yang paling populer melawan selulit.
b) Minyak: Contoh: Minyak ikan, minyak zaitun, minyak jojoba, minyak lavender, minyak almond, minyak kernel aprikot, minyak emu, minyak wijen, minyak gandum, minyak rosehip, minyak kelapa, minyak cendana,minyak bunga matahari dll membantu meningkatkan produksi kolagen.
c) Chamomile dapat diterapkan secara eksternal.
d) ekstrak kulit Mimosa tenuiflora digunakan eksternal.
e) Shea butter meminimalkan munculnya stretch mark.
f) Jus Alpukat dan salad bergizi
g) Ekstrak biji anggur diterapkan secara eksternal karena sifat anti oksidan.
h) Ekstrak Aloe Vera atau gel digunakan eksternal.
i) Emblica digunakan sebagai sumber vitamin.
j) Daun Siegesbeckia orientalis digunakan secara eksternal.
k) Ekstrak Mangga digunakan secara eksternal.
l) ekstrak Alpukat  yang digunakan secara eksternal.
m) ekstrak Hedera helix  sangat membantu untuk penggunaan eksternal.

Bagaimana cara mencegah selulit

Metode pencegahan selulit sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Slogan "mencegah lebih baik dari mengobati" adalah sangat cocok untuk masalah kesehatan apapun, termasuk selulit. Kita tentu mengetahui bahwa treatment modern seperti bedah, laser terapi harganya sangat mahal, dan mustahil untuk masyarakat kelas bawah. Oleh karena itu betapa pentingnya kita sadar untuk lebih mengutamakan pencegahan selulit.

Masalah pencegahan juga berkaitan erat dengan elastisitas kulit. Peregangan berlebihan dapat menimbulkan selulit, dalam kasus kehamilan dan kegemukan atau kasus apapun pencegahan selalu lebih mudah dari pengobatan.

Saat ini juga tersedia berbagai macam produk pencegahan selulit, baik untuk wanita hamil maupun penderita obesitas. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah selulit:
1. Diet Seimbang :
Sangat penting untuk menjaga kualitas kulit, kita harus mengkonsumsi cukup karbohidrat, protein, vitamin, mineral dll. Yang paling penting adalah protein dan vitamin A,C,E,K dan Zinc.

Protein : sumber utama adalah daging, ikan , telur , kacang kedelai dll
Vitamin : Di antara vitamin yang paling penting adalah Vitamin A , Vitamin C , Vitamin E dan vitamin K.
Vitamin A : Sumber Makanan adalah Wortel , Sayuran , Beras , Labu , Kentang Manis , Apricot , Bayam dll
Vitamin C : Berasal dari buah jeruk , jambu , pepaya , stroberi dll
Vitamin E :  Berasal dari Almond , minyak sayur , Biji , Sunflower , Oats , Persik , alpukat dll
Vitamin K : Sayuran berdaun hijau  , kubis , hati , produk susu dll
Zinc : Zinc sangat penting untuk pembentukan kolagen . Sebagian besar ditemukan dalam kacang-kacangan , pisang , kismis , kacang-kacangan dan ikan .

2 . Asupan air : jumlah memadai air harus dikonsumsi setiap hari untuk menjaga keseimbangan air tubuh . Ketika kulit menjadi kering maka rentan terhadap stretch mark .
3 . Mengontrol berat badan : peningkatan mendadak dalam ukuran tubuh adalah penyebab utama stretch mark/selulit . Oleh karena itu berat badan terkontrol dapat mengurangi resiko selulit .
4 . Olah raga & relaksasi : Olahraga teratur dan relaksasi dapat meningkatkan suplai darah ke kulit dan menjaganya agar tetap utuh . Olahraga juga membantu untuk mempertahankan masa otot untuk mencegah pembentukan lemak. Latihan seperti , berjalan, berenang , meditasi , yoga , dll dapat membantu mencegah selulit .
5 . Hindari Kebiasaan buruk: Hindari junk food , rokok , alkohol dan penggunaan steroid berlebihan .
6 . Gaya hidup : Gaya hidup sehat harus dipelihara .
7 . Tidur : Porsi tidur cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan . Namun, tidur dengan mendengkur harus dihindari .
8 . Aplikasi eksternal : Ini tidak 100% efektif . Aplikasi luar menggunakan cocoa butter , minyak zaitun, minyak almond , minyak ikan, minyak lavender , lidah buaya ekstrak dll selama masa kehamilan cukup  berguna . Demikian pula salep yang mengandung Vitamin A & E juga dapat digunakan .
9 . Mandi susu : Susu merupakan bahan utama dalam krim kosmetik beberapa karena memberikan sifat elastis pada kulit . Dalam metode ini seluruh tubuh direndam dalam bak campuran susu  dan jumlah air yang cukup. Dengan mengulangi prosedur ini kulit menjadi lembut dan elastis . Metode ini dapat digunakan sebagai metode preventif ntuk stretch mark .

Metode alternatif untuk pengobatan selulit

Banyak sekali terapi alternatif yang dapat dicoba untuk mengatasi selulit. Terapi tersebut dapat menyembuhkan dengan pendekatan yang lebih holistik. Banyak informasi yang menunjukkan bahwa terapi alternatif menimbulkan efek positif bagi penderita selulit. Berikut adalah metode alternatif yang dapat dicoba:
Homoeopathy.
Pengibatan Cina
Ayuveda
Acupressure
Naturopathy
Acupuncture
Unani
Aromatherapy
dan lain lain.


Pertanyaan-pertanyaan seputar selulit

Pertanyaan : Saya seorang wanita hamil dan baru memasuki bulan keenam. Bagaimana cara mengantisipasi selulit? terima kasih.
Jawaban : Berikut ini adalah tips-tips untuk mencegah selulit:
- Mengkonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan memperhatikan konsumsi air putih. Sebagai contoh : jeruk, aprikot, alpukat, mangga, kacang kedelai, tomat dll.
- Secara teratur mengaplikasikan cocoa butter atau minyak lainnya seperti minyak lavender, zaitun, almon dll pada kulit, terutama perut, payudara dan pantat. Tetapi perhatikan dengan cermat apabila terjadi iritasi.
- Lakukan pernafasan ringan, metode relaksasi seperti yoga ataupun meditasi lain
- Selulit dianggap sebagai "lambang ibu" oleh karena itu jangan panik, santai dan utamakan bayi yang sehat dari ibu yang sehat pula.

- Pertanyaan : Baru-baru ini saya bergabung dengan sebuah klub kesehatan dan melakukan beberapa latihan untuk memperkekar tubuh saya. Tapi saya melihat beberapa garis putih di sisi pinggul dan bahu saya, tolong berikanlah saran pengobatan untuk saya!

Jawaban: peregangan Kulit  karena perubahan mendadak dalam aktivitas fisik dan pembesaran otot adalah penyebab utama di balik garis-garis putih tersebut. Jangan melakukan latihan dengan intensitas tinggi dan dalam tempo yang lama, lakukanlah secara bertahap sehingga kulit akan mendapatkan waktu yang cukup untuk peregangan. Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi  makanan bergizi yang baik dan mengoleskan minyak almond atau minyak zaitun pada bagian yang sakit yang terserang

Pertanyaan : Saya seorang siswa SMA, dan Sekarang saya sangat khawatir dengan garis-garis putih pada paha dan bokong saya. Tolong berikan solusi masalah tersebut.

Jawaban: Perubahan hormonal dan penimbunan  lemak karena pubertas adalah penyebab di balik stretch mark. Tapi, ingat, ini adalah beberapa perubahan fisiologis dalam kehidupan setiap wanita. Anda dapat melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi , melakukan latihan dan menggunakan beberapa minyak alami pada daerah yang terkena selulit.

Pertanyaan : Saya baru saja melahirkan bayi laki-laki yang sehat, namun saat ini saya khawatir dengan selulit yang ada di perut saya. Saya sudah mengoleskan krim anti selulit dan bahan alami, namun perubahan belum juga terlihat, bagaimana saya harus menanggulangi hal tersebut?

Jawaban: Cobalah dalam jangka waktu yang lama, pengobatan dengan metode tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun apabila belum juga ada perubahan, kunjungilah klinik dermatologis atau dokter terdekat, mungkin beberapa pengobatan modern seperti laser, skin remodelling, Chemical peeling bisa bermanfaat untuk anda.

Pertanyaan : Saya memiliki selulit sejak melahirkan, dan baru-baru ini suami saya membawakan krim khusus untuk pengobatannya. Dalam beberapa hari telah saya aplikasikan damun kulit saya terasa gatal, kemerahan dan mengelupas di beberapa bagian. Tolong bantu saya mengatasi hal ini.

Jawaban : Kulit anda alergi dengan krim tertentu, silahkan berkonsultasi dengan dokter kulit. Ingat, sebelum mencoba krim baru ujilah sensitivitas kulit anda, dengan cara mengoleskan sejumlah kecil pada lengan. amati, bila aman gunakan.

Kesimpulan :

Dalam beberapa kasus, stretch marks dapat berkurang dalam waktu yang singkat,atau bahkan tanpa pengobatan apapun, namun kasus lain menunjukkan hal sebaliknya yaitu selulit sangat membandel dan bertahan lama. Apapun kasus anda, dengan metode pengobatan seperti yang kami jelaskan panjang lebar diatas dapat membantu mengurangi selulit, hindari stress, dan gunakan jasa dermatologis atau dokter apabila anda benar-benat tidak mampu mengatasinya.


8 komentar:

  1. Balasan