Kamis, 09 April 2015

Atasi gangguan mendengkur

Mendengkur selain mengganggu kenyamanan tidur kita juga mengganggu kenyamanan pasangan. Kita perlu waspada bila mendengkur karena bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit. 

Memang tidak jarang saat kelelahan kita kadang mendengkur atau memang mereka yang memiliki masalah kesehatan selalu mendengkur setiap hari. Mendengkur memang mangganggu kenyamanan tidur sehingga berpengaruh terhadap kualitas kesehatan kita. 

Penyebab mendengkur 
Statistik menunjukkan Pada manusia dewasa sebanyak 25 % mendengkur sedangkan 45% persensesekali mendengkur. Kasus ini lebih banyak ditemukan pada kaum pria dan jarang pada kaum wanita. Mendengkur Banyak juga dialami oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan dan
memiliki kecenderungan mendengkur semakin keras seiring bertambahnya usia seseorang. Parahnya seseorang tidak tahu apabila mendengkur dan baru tahu setelah diberitahu pasangan, iya kalau punya pasangan, kalau tidur sendiri?

Kedokteran modern telah banyak menemukan fakta tentang mendengkur, dan bila anda mendengkur sesekali misal saat kelelahan itu berarti anda mengalami gangguan aliran pernafasan dibelakang mulut dan hidung, dan hal ini akan menimbulkan bunyi sedikit suara mengganggu. Kecenderungan mendengkur memang banyak dialami oleh mereka yang mengalami kegemukan dan juga perokok. 

Jika anda termasuk oendengkur yang sangat keras bisa dikarenakan oleh sesak nafas yang bisa berakibat berbahaya yakni berhentinya pernafasan saat tidur. Jika tidak segera ditangani penyakit ini bisa menjadi lebih berbahaya karena bisa memicu tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung dan juga penyakit paru-paru.

Dengkuran terjadi akibat gangguan udara yang melewati bagian belakang hidung dan mulut. Bagian yang bentuknya melengkung ini merupakan tempat dimana lidah dan tenggorokan bagian atas bertemu dengan langit-langit lunak dan tekak. Kertika bagian tersebut saling berbenturan dan bergetar saat bernafas maka timbullah dengkuran.

Nah, bila anda merasa dengkuran cukup keras dapat mengatasinya dengan cara merubah posisi yakni dari terlentang menjadi miring. Olah raga dan mengkonsumsi makanan makanan sehat juga terbukti ampuh mengurangi dengkuran. Hanya perhatikan porsinya karena olahraga berlebih  atau terlau memforsir justru akan membuat dengkuran anda semakin keras.

Jika beberapa hal diatas sudah dilakukan namun belum menjunjukkan hasil yang positif maka ada baiknya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik. 

1 komentar: