Selasa, 07 April 2015

Manfaat Susu untuk kesehatan

Susu kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Susu sering dikaitkan dengan kandungan kalsium yang tinggi, hal ini memang cukup wajar karena diantara banyak makanan lain susulah yang memiliki kandungan kalsium tertinggi. Kalsium juga terdapat di beberapa makanan antara lain ikan, telur, buncis, kol, brokoli dan sayuran hijau.

Kalsium dalam tubuh manusia banyak terkandung pada tulang dan gigi. Tanpa kalsium maka tulang dan gigi tidak akan kuat  menyangga tubuh bagian dalam. Dalam darah kita juga terdapat kalsium
dalam jumlah kecil yang sangat bermanfaat, jika tidak tercukupi maka akan mengganggu denyut jantung, pembekuan darah dan fungsi otot. Bukan hanya konsumsi makanan yang mengandung kalsium, untuk membantu penyerapan kalsium secara maksimal juga dibutuhkan peran vitamin D. Dengan mengkonsumsi susu maka kita juga mengkonsumsi vitamin D karena selain mengandung kalsium dan protein, susu juga mengandung berbagai macam vitamin seperti A,B,C,D dan E.



Bagi anda orang tua yang ingin mengajarkan anak minum susu maka ada satu hal yang perlu diperhatikan yakni anda juga harus menyukai susu terlebih dahulu. Perlihatkanlah wajah senang dan gembira saat meminum susu dan hindari raut muka terpaksa. Secara psikologis hal ini akan berpengaruh pada sianak. Apabila anak anda mengalami kebosanan dalam meminum susu ada  banyak alternatif mengolah susu menjadi makanan nikmat dan menggoda. Salah satunya adalah puding susu, es krim maupun milk shake. Anda juga bisa memberikan yoghurt / keju yang merupakan produk hasil olahan susu.

1 komentar: