Rabu, 01 April 2015

Waspada terhadap hepatitis

Hepatitis sebenarnya adalah nama virus menular yang menyerang hati sehingga menyebabkan radang hati. Virus ini dapat menjangkit semua umur dan di Indonesia penderita Hepatitis B sudah melebihi 10 Juta orang. Hal ini cukup lazim karena penularan virus hepatitis terbilang mudah. Penularan bisa diakibatkan oleh berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual, mendapat transfusi darah dari orang yang telah terinfeksi Hepatitis B, Penggunaan alat suntik secara bersamaan, Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang terkena virus hepatitis, Memakai alat cukur bergantian serta memakai sikat gigi bergantian dengan orang yang terkena hepatitis.



Karena mudahnya penularan virus ini kita perlu berhati-hati serta memberikan edukasi kepada keluarga bahaya yang bisa ditimbulkan jika kita lalai. Penangkal hepatitis untuk orang yang belum terjangkit adalah pemberian vaksin. Sebagai tindakan preventif kita juga bisa selalu menjalani pola
hidup sehat yakni olah raga teratur, diet seimbang dan cukup istirahat. Untuk mengetahui apakah anda terserang virus hepatitis atau tidak bisa melakukan pemeriksaan darah di laboratorium terdekat. Jika anda terlanjur terserang virus hepatitis maka perlu berhati hati karena bisa jadi orang terdekat anda akan mudah tertular, apalagi jika mereka tidak mengetahui cara penularan virus ini.

Virus hepatisis dapat menyerang dengan 2 cara yakni serangan akut/tiba-tiba dan serangan kronis. Serangan kronis akan sangat berbahaya karena tidak memiliki gejala apapun bahkan penderita biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sedang dijangkiti virus hepatitis hingga berselang berapa tahun baru terasa dan virus tersebut sudah terlanjur menimbulkan jaringan parut pada hati yang beresiko terhadap kanker hati sampai pada kematian. Serangan kedua yakni hepatitis akut yang terjadi secara tiba tiba dengan berbagai gejala yakni nyeri perut, mual, sakit kepala, nyeri otot dan sendi.

Cegah penularan virus hepatitis dengan :
 - Jangan berganti-ganti pasangan saat berhubungan seksual serta gunakan kondom.
 - Jangan biarkan seseorang menangani luka yang terjadi pada diri anda tanpa pengaman misal sarung tangan.
 - Jangan mendonorkan darah, organ tubuh serta cairan lain kepada orang lain
 - Amankan beberapa peralatan pribadi anda agar tidak digunakan oleh orang lain seperti gunting, handuk, alat cukur dan sikat gigi.
 - Jangan menindik telinga/mentato ditempat umum karena beresiko menginfeksi orang lain.

Peduli dan ketahui tentang asma
Penyakit asma bisa diderita oleh seseorang yang memang dilahirkan dengan kondisi paru-paru yang sensitif. Asma merupakan salah satu penyakit paru paru yang sangat merepotkan dan bisa kambuh kapan saja. Di era modern seperti saat ini polusi semakin meningkat, asap rokok dan kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi penderita asma. Asma bisa menjadi asma kronis yang bisa mematikan, bahkan di amerika serikat penyakit paru paru masuk daftar 5 besar penyakit penyebar maut. Jika anda memang terlahir dengan paru-paru sehat dan kekebalan yang baik maka bersyukurlah dan bagi anda yang telahir dengan paru-paru sensitif maka pahami asma sedetail mungkin merupakan kunci penting untuk meringankan gangguan penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar