Minggu, 19 Januari 2014

Jadikan Pisang Sebagai Dokter Pribadi Anda

Pisang adalah buah yang kaya manfaat, sehingga tidak berlebihan bila kita mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi pisang secara teratur kita telah memiliki dokter pribadi untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit serta memperbaiki tingkat kesehatan kita. Pisang mengandung 3 jenis gula alami: Sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinnasikan dengan serat. Pisang sangat bermanfaat untuk memberikan energi secara langsung/instan dan berkelanjutan. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi 2 pisang akan memberikan energi untuk beraktifitas selama 90 menit. Tidak heran mengapa pisang adalah buah yang dikonsumsi atlit ketika bertanding, terutama ketika olahraga tenis, para atlit biasanya membawa pisang dan mengkonsumsinya sedikit sebelum, ditengah jeda pertandingan, atau sesudah pertandingan.

Pisang tidak hanya mampu memberikan energi, namun juga dapat meringankan berbagai macam penyakit, menjaga kondisi tubuh dan menunjang diet kita. Beberapa manfaat buah pisang adalah:

Meringankan Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND kepada para pasien penderita depresi, banyak orang
merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini dikarenakan pisang mengandung tryptophan, salah satu jenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang dapat membuat seseorang menjadi relax. Pisang juga bermanfaat memperbaiki mood seseorang dengan memberikan rasa senang. Kandungan Vitamin B6 yang terdapat pada pisang juga mampu mengontrol tingkat gula darah.

Meringankan Anemia

Manfaat pisang selanjutnya adalah meringankan anemia. Anemia adalah kurang darah atau kondisi dimana sel darah merah/hemoglobin berada dibawah ambang normal. Pisang mengandung Zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat merangsang produksi hemoglobin yang dapat meringankan anemia.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Pisang adalah buah tropis yang sangat unik mengandung tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan US Food and Drug Administration telah menyetujui bahwa pisang adalah buah yang mampu menurunkan resiko darah tinggi dan Stroke.

Manfaat pisang untuk meningkatkan kemampuan otak

Pisang juga bermanfaat meningkatkan kemampuan otak, Hal ini juga telah diujikan kepada 200 siswa di Twickenham, Inggris. Dalam percobaan tersebut sebanyak 200 siswa disuruh mengkonsumsi pisang saat sarapan, istirahat dan makan siang dalam upaya meningkatkan kemampuan otak mereka. Penelitian ini membuktikan bahwa kandungan potassium dalam buah pisang dapat membantu pelajar lebih fokus/konsentrasi.

Mengatasi Sembelit

Manfaat pisang selanjutnya adalah mengatasi sembelit. Pisang mengandung serat yag tinggi. Dengan kandungan tersebut pisang mampu menormalkan kembali sistem pencernaan.

Menyembuhkan Gigitan Nyamuk

Pisang juga bermanfaat menyembuhkan memar akibat gigitan nyamuk. Apabila anda tergigit nyamuk, oleskan daerah yang tergigit dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak orang telah terbukti berhasil mengurangi pembengkakan dan iritasi akibat gigitaan nyamuk.

Obat Mabuk

Pisang juga bermanfaat sebagai obat mabuk, dengan membuat milkshake pisang atau jus yang dicampur madu, pisang akan bereaksi menenangkan perut dan dengan bantuan madu bermanfaat memproduksi gula darah yang terkuras.

Meredakan Maag

Pisang juga berfungsi sebagai antacid alami untuk tubuh, sehingga mengkonsumsi pisang mampu mengurangi rasa sakit ketika Maag.

Membantu Penderita Seasonal Affective Disorder (SAD)

 Pisang dapat membantu penderitas SAD kerena mengandung pendorong mood alami yang disebut dengan tryptophan.

Mengatasi Gelisah

Pisang mengandung vitamin B yang dapat membantu menenangkan Sistem Saraf. Apakah anda seseorang yang sedang menderita obesitas dan sangat sibuk bekerja? Penelitian dari Institute of Psychology Austria menemukan bahwa beban pekerjaan/tekanan dikantor dapat mengakibatkan naiknya nafsu makan. Banyak dari orang-orang tersebut yang mengkonsumsi keripik ataupun cokelat. Penelitian juga membuktikan bahwa kegemukan dapat diakibatkan oleh tekanan beban kerja. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan makanan yang dapat mengontrol gula darah yang dikonsumsi setaip 2 jam sekali.

Mengobati Luka pada lambung

Pisang juga sangat bermanfaat untuk merawat pencernaan, termasuk luka pada lambung. Karena teksturnya yang sangat lembut dan halus, buah ini sangat aman bahkan dikonsumsi saat mentah. Buah pisang mampu menetralisir kelebihan zat asam dengan melapisi bagian dalam perut.

Mengontrol Suhu Tubuh

Manfaat pisang yang lain adalah dapat mengontrol suhu tubuh. Pisang dapat menurunkan suhu tubuh maupun emosional, terutama pada ibu hamil. Di Thailand misalnya,pisang dikonsumsi sebelum melahirkan agar bayi dapat lahir dengan suhu yang tidak tinggi.

Membantu Lepas dari pengaruh rokok dan Tembakau

Pisang juga dapat membantu orang yang ingin berhenti merokok. Kandungan B6,B12, kalium dan magnesiumnya mampu menyembuhkan tubuh secara cepat dari efek buruk nikotin.

Meringankan Stress

Potassium adalah mineral yang sangat penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, tingkat metabolisme meningkat sehingga kadar potassium berkurang. Hal ini dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi buah pisang untuk menaikkan kadar potassium.

Menurunkan Resiko terkena Stroke

Manfaat pisang selanjutnya dalah dapat Menurunkan Resiko terkena Stroke. Menurut riset yang telah dilakukan oleh New England Journal of Medicine, makan pisang akan menurunkan kematian karena Stroke sebanyak 40%.

Obat Caplak

Pisang adalah salah satu obat caplak alami yang banyak digunakana orang. Gunakan kulit pisang bagian dalam dan tempel pada caplak,kemudian gunakan perekat plester atau selotip.

Pisang adalah buah yang kaya manfaat, bila kita bandingkan dengan buah apel, pisang mengandung protein 4x lebih banyak, karbohidrat 2x lebih banyak, phospor 3x lebih banyak, vitamin A dan zat besi 5x lebih banyak. Buah ini juga kaya akan potassium, maka jauhilah dokter anda dengan pisang.

Satu lagi hal yang perlu kita perhatikan bahwa monyet adalah binatang yang sangat bahagia sepanjang waktu, hal ini pasti juga karena makan pisang, he2....

1 komentar: