Sabtu, 28 Maret 2015

Pentingnya motivasi untuk menurunkan berat badan


Pernahkah anda menyadari bahwa motivasi yang lebih tinggi untuk menurunkan berat badan ikut menentukan keberhasilan apa yang anda kerjakan? Seringkali biang keladi kegagalan menurunkan berat badan adalah motivasi/dorongan niat yang kurang kuat sehingga mudah kalah dengan berbagai godaan sekitar. Sebut saja lapar mata yang bisa datang kapanpun, atau ketika anda baru gajian dan memiliki budget lebih untuk membeli makanan yang enak.

Motivasi sangat penting untuk selalu kita hadirkan dalam pikiran kita untuk menangkal berbagai macam godaan. Anda dapat membuat list motivasi apa yang anda inginkan dengan tercapainya tubuh yang langsing untuk kemudian menempelnya ditempat strategis agar mampu mengingatkan anda disaat "lupa diri". Beberapa motivasi tersebut antara lain:



- Memperkuat ingatan
Tubuh yang lebih ideal akan memiliki ukuran temporal lube yang lebih besar dibandingkan mereka yang mengalami kegemukan. Mereka yang memiliki body mass index/BMI dibawah 25 cenderung memiliki ingatan lebih kuat dan tidak mudah pikun. Kegemukan akan menyebabkan penyempitan
pembuluh darah yang menuju ke temporal lube akibat timbunan lemak. Hal ini akan menyebabkan bagian tersebut tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup sehingga ukurannya mengecil atau menyusut. Nah dengan tubuh yang ideal maka aliran darah menuju temporal lube akan lebih lancar dan anda tidak akan mengalami kepikunan sebelum waktunya atau kejadian seperti lupa dimana menaruh kacamata atau kunci bisa diminimalisir.

- Menurunkan resiko terkena kanker
Seperti sama sama kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Mereka yang memiliki berat badan lebih akan memicu produksi hormon leptin dan estrogen yang mendorong pada perkembangan sel-sel abnormal seperti tumor. Cukup banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mereka yang memiliki berat badan ideal lebih aman dari ancaman kanker.

- Memiliki stamina prima
Mereka yang memiliki berat badan ideal cenderung lebih aktif dan tidak mudah lelah dibanding mereka yang kegemukan. Fenomena ini sangat mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan dirumah anda sendiripun hal ini dapat ditemui. Jika anda membutuhkan stamina yang lebih prima, maka berat badan ideal adalah solusinya.

- Percaya diri dan Fashionable
Semua pasti setuju bahwa tubuh langsing akan mendongkrak rasa percaya diri sehingga kita akan lebih optimal dalam setiap kesempatan terlebih lagi disaat-saat yang dibutuhkan seperti saat wawancara. Dengan badan langsing anda dapat menggunakan baju model apapun baik ketat ataupun longgar dengan tetap percaya diri.

- Memiliki lutut yang sehat
Kegemukan akan memberikan beban lebih terhadap lutut sehingg rawan akan serangan radang sendi pada lutut. Rasa nyeri bisa saja sering datang bila lutut anda tidak mampu menahan berat badan. Radang sendi bisa juga berujung pada ketidakmampuan untuk berjalan, jadi mari sayangi lutut kita.

- Meningkatkan kerja paru-paru
 Kelebihan lemak juga akan menekan saluran pernafasan sehingga susah bernafas saat tidur serta dapat mengakibatkan gangguan pada jantung serta terhentinya nafas saat tidur yang bisa berujung pada kematian.

- Lebih hemat biaya
Semua pasti setuju kalau tubuh ideal mampu mengurangi pengeluaran untuk membeli obat. Penderita obesitas akan sangat rawan dengan berbagai serangan penyakit mulai dari level ringan sampai dengan yang berat. Dan hal itu berarti anda akan memiliki budget lebih untuk keperluan lain.

- Memperbaiki urusan hormonal
 Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi urusan hormonal kita dan salah satunya adalah berat badan. Jika anda adalah seseorang yang mengalami siklus mens yang tidak teratur, atau mungkin susah hamil, jerawat yang tidak normal bisa jadi masalah hormonal adalah penyebabnya.

1 komentar: