Jumat, 10 April 2015

Wasir : Kenali dan Tangani

Wasir atau lazim dikenal dengan ambeien merupakan pembesaran bantal anus/anal cushion. Wasir memang banyak diderita oleh mereka yang berumur, namun mereka yang masih muda juga ada yang tekena penyakit ini. Wasir sendiri memiliki beberapa tingkatan yang membutuhkan penanganan berbeda pula. Seorang penderita wasir bisa mengalami sakit yang luar biasa, atau mungkin rasa panas pada bagian anus. Karena letaknya didaerah dubur, banyak penderita yang kesulitan menjalani aktifitas sehari-hari termasuk bekerja dikantor.

Ada pula cerita tentang anak muda yang terkena wasir pada usia 25 tahun. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi ? Wasir ternyata bukan hanya dikarenakan oleh beberapa kebiasaan buruk, namun juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Pelebaran pembuluh darah yang terjadi dianus ini berbentuk
seperti anggur, dan bisa keluar saat BAB. Selain faktor keturunan/herediter, wasir juga bisa terjadi akibat :

- Kebiasaan mengejan dalam waktu lama saat BAB. Hal ini mungkin terjadi bagi mereka yang hobi membaca sambil BAB, sehingga waktu mengejan juga lebih lama, sehingga anusnya terdorong.
 - Kurangnya konsumsi serat
 - Wasir dapat terjadi saat kehamilan, karena tekanan di perut lebih tinggi. Berbagai macam penelitian membuktikan bahwa penderita wasir diusia muda adalah lebih banyak perempuan dibanding laki-laki.
 - Kurang olah raga dan aktifitas lainnya. Sirkulasi darah yang kurang lancar turut menyebabkan terbentukna wasir/ambeien.

Memang penyebab utama dari wasir adalah faktor keturunan, namun hal ini masih bisa ditawar. Artinya ketika seseorang menyadari dirinya berpotensi wasir kemudian merubah lifestyle dan selalu menjaga kesehatan, kemungkinan wasir bisa diredam. Faktor keturunan ini bisa berupa bagian anus yang lebih longgar ataupun jaringan ikat yang kurang kuat sehingga lebih cepat turun/merosot.

macam-macam wasir
 Dilihat dari letaknya wasir dibagi menjadi 2 yakni wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal adalah wasir yang terjadi pada bagian dalam dinding anal canal. Wasir internal bisa menyebabkan keluarnya cairan dan juga pendarahan. Pembuluh darah yang membesar dapat turun ketika BAB, saat feses mendorongnya keluar. Wasir eksternal yakni wasir yang terletak di pintu luar anus. Wasir jenis ini jarang menimbulkan masalah.

Dilihat dari tingkat keparahannya wasir dapat dibagi menjadi :
 1. Wasir tingkat 1
 Sesudah BAB keluar darah segar dan terasa panas pada anus
 2. Wasir tingkat 2
 Sesudah BAB akan keluar darah disertai dengan benjolan dari dubur. Benjolan tersebut dapat masuk kembali secara spontan
 3. Wasir tingkat 3
 Wasir pada tingkatan 3 mirip dengan tingkatan 2, yang membedakan adalah benjolan yang keluar tidak dapat masuk kembali secara spontan, sehingga butuh bantuan tangan untuk mendorongnya
 4. Wasir tingkat 4
 Akan keluar benjolan dari anus yang disertai rasa sakit dan benjolan tersebut tidak dapat dimasukkan lagi.

Jika anda menderita wasir tingkat 1 dan 2 maka cara pengobatannya dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi serat. Namun bila belum teratasi, bisa menggunakan metode suntik ataupun pengikatan wasir. Metode pengikatan adalah metode yang sederhana dan tidak menimbulkan rasa sakit. Metode ikat atau ligasi dilakukan dengan cara mengikat pembuluh darah yang menuju ke wasir, sehingga asupan ke daerah yang terkena wasir lebih sedikit. Sedangkan mereka yang berada pada tingkatan wasir 3-4 perlu menjalani terapi ataupun pembedahan.

Cara mencegah wasir
 Mencegah memang selalu lebih baik dari mengobati, dan berikut adalah penjelasannya :
 - Minumlah air putih minimal 2 liter setiap hari
 - Jalani pola makan yang baik dan sehat yakni makanan tinggi serat sayur dan buah
 - Jauhi alkohol dan makanan-makanan pedas
 - Lakukan olah raga dan aktifitas lain secara teratur
 - Usahakan agar anda rutin BAB secara teratur dan hindari mengejan terlalu lama dan keras

1 komentar: