Jumat, 03 April 2015

Ayo Hancurkan lemak

Lemak merupakan kontribusi terbesar dalam kenaikan berat badan. Kalori yang dihasilkan lemak 2x lebih banyak dari karbohidrat maupun rotein. Bahkan banyak ahli yang menyebut bahwa bukan weight loss namun fat loss, karena memang intinya lemaklah yang kita pangkas. Untuk mengatasi kelebihan lemak dapat dilakukang dengan mengkonsumsi cukup serat dan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Lemak memiliki struktur kimia yang sama dengan tubuh sehingga sangat cepat diserap dan berita buruknya adalah lemak berlebihan akan disimpan sebagai cadangan dibalik kulit yang bisa menyebabkan kegemukan. Lemak dalam jumlah kecil memang diperlukan oleh tubuh, jadi jangan sampai kita melakukan diet ketat lemak.

pangkas lemak

Pengaturan waktu makan

Pada prinsipnya waktu makan sama pentingnya dengan apa yang anda makan. Pada pagi hari tubuh mempunyai kemampuan membakar makanan paling efektif dan pada siang hari kemampuan membakar makanan akan menurun sampai dengan malam hari merupakan titik terlemah tubuh dalam
membakar makanan. Jika kita mengkonsumsi makanan dipagi hari kemungkinannya akan dibakar oleh tubuh, lain hal jika dimalam hari karena justru akan terjadi timbunan. Usahakan makan >3 jam sebelum tidur untuk menghindari penumpukan serta konsumsilah makanan rendah lemak seperti yoghurt tanpa pemanis, susu non fat, ataupun buah-buahan. Lemak bisa berasal dari beberapa hal antara lain lemak pada makanan, lemak saat memasak dan juga lemak yang terdapat pada makanan olahan seperti makanan kecil, kue dan biskuit. Lemak juga dibagi menjadi dua yakni lemak yang terlihat dan tidak terlihat. Lemak terlihat contohnya seperti lemak pada daging serta kulit ayam. Sedangkan lemak yang tidak terlihat banyak terdapat pada kue, makanan ringan dan juga biskuit.

Konsumsi makanan yang baik dalam sehari harus menandung 50%karbohidrat, 30% protein dan 20 % lemak. Hindari makan gorengan serta mekanan yang digoreng. Bila memasak daging hilangkan lemaknya dan hilangkan pula kulit ayam, selain itu kurangi konsumsi mayonaise dan juga margarin. Memasak dengan cara direbus,dipanggang lebih disarankan dibandingkan memasak dengan cara digoreng. Untuk menurunkan berat badan tidak hanya cukup dengan mengurangi konsumsi lemak, namun juga didukung dengan meningkatkan aktifitas fisik dan mengurangi kalori. Lemak pada dasarnya memang sesuatu yang sangat sulit dihindari, karena faktanya lemak mampu melezatkan setiap masakan serta mampu membuat kita merasa kenyang. Namun yang terpenting adalah pilihlah jenis lemak yang tepat serta konsumsi dalam jumla yang tepat.

Berikut dalah beberapa tips mengurangi lemak

- Kurangi penggunaan minyak dengan wajan anti lengket
 - Masaklah dengan cara direbus, dikukus, dibakar dan dipanggang serta hindari makanan yang digoreng
 - Sebisa mungkin untuk menurunkan penggunaan minyak, margarin dan juga mentega.
 - Hindari makanan berlemak seperti kue, biskuit, coklat, keripik dan sosis.
 - Buang lemak pada kulit ayam dan pada daging.
 - Konsumsi susu dan keju rendah lemak.

1 komentar: