Minggu, 22 Maret 2015

Tips mengemudi : Istirahat atau minum kopi saat mengantuk

Saat mengemudi baik di malam atau siang hari kita seringkali diganggu oleh rasa kantuk. Jika rasa kantuk menyerang kita biasanya dihadapkan  pada dua pilihan yakni tidur sejenak atau minum kopi. Tapi manakah pilihan yang paling efektif dan aman untuk mengatasi rasa kantuk saat perjalanan? 

Jawabannya adalah keduanya sama-sama efektif, namun bergantung pada satu hal yakni faktor usia. Bila usia anda dibawah 40 tahun maka tidur sejenak atau minum secangkir kopi akan ampuh mengusir kantuk dan menjadikan tubuh anda segar kembali, namun lain hal jika usia anda diatas 40 tahun. Diatas 40 tahun jika anda mengkonsumsi kopi dan tidur sejenak hanya akan efektif mengusir rasa kantuk untuk membuat anda tetap terjaga. Bila anda meraa lelah pilihan yang paling sehat tentu beristirahat sebentar. 

Tahukah anda bahwa faktor utama pemicu terjadinya kecelakaan adalah kelelahan dan rasa kantuk. Jika anda sudah mulai kehilangan fokus, mata sering berkedip, kelopak mata terasa berat, menguap beberapa kali, kesulitan menjaga posisi kepala dan kesulitan menjaga mobil anda tetap lurus maka
jangan teruskan mengemudi. Jika anda mengemudi jauh pertimbangkanlah untuk mengajak teman jadi anda bisa bergantian agar bisa melepas lelah.

Ada beberapa tips yang bisa anda ikuti agar tetap terjaga saat mengemudi: 
1. Biarkan dalam mobil anda menyala. Dalam kondisi gelap terutama malam hari akan meningkatkan produksi melatonin yang dapat menyebabkan rasa kantuk. Jika anda sudah mengemudi dalam waktu lama, nyalakan lampu agar anda tetap terjaga untuk mengurangi produksi hormon melatonin. 

2. Cegah konsumsi gula 
Gula dapat memberikan berbagai respon kepada tubuh kita. Salahs atunya adalah rasa kantuk, jadi semakin banyak dan semakin cepat mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi maka akan semakin cepat pula rasa kantuk itu datang. 

3. Gunakan suhu dingin 
bersambung.....

http://www.wikihow.com/Stay-Awake-when-Driving

1 komentar: