Minggu, 22 Maret 2015

Agar tidur lebih berkualitas

Tidur nyeyak dan dalam waktu yang cukup sangat dipatkan tubuh yang sehat. Tidur sangat bermanfaat untuk menggantikan sel sel tubuh yang mati sehingga saat bangun kita merasa bugar kembali. Untuk mendapatkan tidur berkualitas dibutuhkan perubahan kebiasaan tidur dan perubahan pola hidup/lifestyle.  Berikut adalah beberapa tips untuk tidur lebih berkualitas : 

1. mematikan peralatan elektronik
Mematikan peralatan elektronik seperti televisi dan komputer beberapa jan sebelum tidur terbukti ampuh emmbuat tidur lebih nyeyak. Hal ini dikarenakan komputer dan televisi sama sama memancarkan sinar biru yang bisa menurunkan produksi melatonin. Hormon melatonin seperti kita ketahui mampu memberikan rasa tenang dan rasa kantuk.


2. Waktu tidur yang terjadwal 
Pergilah ke tempat tidur dalam waktu yang sama setiap hari. Misalkan setiap jam 9 malam anda sudah harus berada di tempat tidur. Hari libur biasanya bisa merusak kebiasaan ini , jadi tetaplah
fokus dengan tujuan anda yakni tidur tepat pada waktunya.

3. Waktu bangun yang terjadwal
Secara alami kita akan terbangun jika kita mendapatkan cukup waktu untuk tidur. Kita tidak akan memerlukan bantuan alarm, jika memang saat ini anda sangat tergantung dengan alarm bisa jadi anda kurang tidur. Cobalah untuk naik tempat tidur lebih awal. Usahakan untuk bangun dalam waktu yang sama misalkan setiap jam 4 pagi. Kita membutuhkan tidur minimal 7 jam sehari, namun kebutuhan tidur akan berbeda seiring bertambahnya usia. 

4. Tidur siang jika diperlukan 
Bisa jadi saat malam hari kita kurang tidur karena padatnya pekerjaan atau melakukan aktifitas lain. Tidur siang akan membantu kita mendapatkan waktu tidur yang ideal. Serta menjaga kebiasaan baik menjaga kesehatan tubuh. 

5. Usahakan agar terkena sinar matahari 
Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Paparan sinar matahari mampu meningkatkan produksi melatonin yang mampu meningkatkan kualitas tidur kita. Kita harus mendapatkan cukup cahaya alami untuk tetap terjaga disiang hari dan pada malam hari kita perlu mengurangi paparan cahaya buatan agar melatonin dapat bekerja dengan baik. Namun sayangnya  kehidupan modern dapat mempengaruhi pola hidup sehat kita. Bekerja dikantor misalnya, dengan minimnya cahaya alami yang kita terima disiang hari akan membuat kita mengantuk dan terangnya cahaya dimalam hari baik dari TV maupun komputer justru akan membut kita tetap terjaga. Jika anda memiliki kesempatan keluar ruangan saat siang hari maka lakukanlah, jangan menggunakan kaca mata dan biarkan cahaya mengenai wajah anda dan jika memungkinkan lakukanlah olah raga baik do pagi atau sore hari. Hal ini akan sangat bermanfaat menjaga kesehatan dan kualitas tidur kita. 

6. Tingkatkan produksi melatonin dimalam hari 
Mematikan TV dan komputer adalah salah satu cara meningkatkan produksi melatonin, selain itu juga jangan membaca melalui peralatan elektronik misalkan tablet anda. Gunakan peralatan yang lebih ramah seperti eReader yang tidak menghasilkan backlit atau gunakan cahaya lampu yang tidak berlebihan. Menggunakan lampu dengan wat rendah saat tidur juga sangat disarankan. Rumusnya semakin gelap maka akan semakin baik pula tidur kita. Anda juga dapt menggunakan penutup mata agar mata lebih rileks dan mampu memperbaiki kualitas tidur. 

7. Munculkan suasana tenang dimalam hari 
Sebelum dan saat tidur kita akan membutuhkan ketenangan. Usahakan agar menghilangkan bunyi bunyian apapun yang dapat mengganggu. Ruangan dengan suhu dingin juga mampu membuat kita lebih tenang, jangan terlalu dingin karena justru akan mengurangi kualitas tidur. Yang terakhir adalah kasur yang berkualitas agar terhindar dari sakit dan pegal pegal saat bangun serta tidur lebih nyeyak. Jangan ragu-ragu untuk membayar lebih karena memiliki kaitan yang sangat erat dengan kesehatan anda. 


1 komentar: