Selasa, 24 Maret 2015

Dapatkan kaki indah bebas varises


Memiliki kaki yang indah dan halus tentu dambaan setiap orang. Merawat kaki tentu merupakan sesuatu yang wajib kita lakukan. Namun ada kalanya seseorang menderita varises dimana terdapat pembuluh darah yang menonjol, membesar dan berulir yang kurang sedap dipandang mata, selain itu juga disertai oleh beberapa keluhan seperti mudah lelah, pegal dan sakit.


Memang varises banyak dianggap enteng karena memang hal ini merupakan gangguan yang cukup umum. Menurut penelitian varises merupakan penyakit yang sudah ada sejak dahulu kala bahkan ribuan tahun sebelum masehi varises sudah ada. 

Varises merupakan pembengkakan pembuluh darah balik/vena yang berkelok kelok akibat katup
yang ada dalam vena tidak berfungsi lagi. Hal ini menyebabkan pembuluh darah tidak lagi bisa menahan gravitasi, akibatnya darah tidak lagi bisa mengalir ke jantung dan mengumpul di pembuluh darah kaki. Penyebab penyumbatan tersebut sampai saat ini belum teridentifikasi secara pasti, namun terdapat beberapa faktor pemicu masalah ini. Hal seperti berdiri, berjalan, menekuk kaki arau duduk terlalu lama akan membuat pembuluh darah kita membengkak dan berpotensi memunculkan masalah ini. Jika anda menjalani pemijatan juga perlu berhati hati karena berpotensi membuat salah urat sehingga bukan tubuh yang lebih sehat yang akan anda dapatkan.

Perubahan hormonal pada wanita hamil juga mampu memicu varises. Pembentukan hormon estrogen  juga dapat menyumbat pembuluh darah termasuk juga bila anda sering mengangkat beban berat dan memiliki bobot berlebih bisa menjadi pemicu lain. Faktor terakhir penyebab varises adalah faktor genetis dan faktor usia yang tidak dapat dihindari. Varise sangat mengganggu karena penderita biasanya mudahj lelah dan merasa sakit walaupun hanya berjalan sebentar saja. 

Lalu bagaimana cara mencegah varises? 


1. Berhenti merokok, karena dengan merokok dapat mengganggu peredaran darah bukan hanya pada bagian tangan dan kaki namun juga seluruh tubuh. 
2. Memijat dengan lembut dan mengoleskan pelembab sesaat sebelum tidur akan memberikan rasa rileks pada kaki. 
3. Hindari menggunakan hal tinggi berukuran >3cm yang akan menghambat peredaran darah.
4. Instirahatkan kaki anda pada bantal yang empuk, biarkan dia bersantai dan sekali kali angkat kaki sampai diatas dada. 
5. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena dapat mengganggu peredaran darah. 
6. hindari melakukan terlalu banyak aktioifitas berdiri atau aktifitas duduk. Jika anda mengalaminya maka lakukan sedikit relaksasi seperti berdiri dan emmutar tubuh barang sesaat serta menggoyangkan jari kaki atau jari-jari tangan. 
7. Rajin mengkonsumsi buah
Buah memang makanan ajaib karena selain rasa yang lezat juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. 
8. Olah raga secara teratur
Dengan berolah raga maka peredaran darah menuju seluruh tubuh akan lebih lancar. Beberapa jenis latiha kardio dapat membuat pembuluh darah pada kaki lebih sehat. 

1 komentar: