Jumat, 27 Maret 2015

Manfaat Oksigen untuk tubuh

Untuk menjaga stamina tubuh agar tetap prima olah raga dan makanan dengan nutrisi seimbang masih belum cukup. Untuk mencukupinya kita juga harus memperhatikan kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh manusia akan memerlukan suplai oksigen atau O2 untuk hidup. Oksigen bisa kita dapatkan saat menghirup udara saat melakukan pernafasan. Udara yang masuk melalui paru-paru akan diikat oleh Hemoglobin/Hb untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh seperti otak, otot serta syaraf-syaraf lain.

Didalam sel oksigen/O2 akan dipakai untuk membentuk energi dengan mengubah ADP(Adenosis
Disphospat) menjadi ATP(Adenosin Triphospat) melalui pemrosesan air, nutrisi dan oksigen. Pada saat seseorang sedang aktif bergerak atau berolah raga kebutuhan tubuh akan oksigen akan semakin meningkat. Tergantung kegiatannay, bila semakin ringan maka akan semakin sedikit oksigen yang dibutuhkan bila semakin berat maka akan semakin banyak oksigen yang dibutuhkan. Jika kita mampu memberikan asupan O2 secara cukup maka tubuh akan bekerja dengan baik namun bila kita tidak dapat memenuhi kebutuhan Oksigen maka badan akan menjadi lemas.

Banyak sekali manfaat oksigen yang mungkin belum sama-sama kita ketahui. Jika kita memiliki oksigen lebih banyak dalam otot maka stamina kita akan tetap prima, memperbaiki penampilan karena akan selalu tampak segar bersemangat dan selalu aktif. Manfaat lainnya adalah meningkatkan metabolisme dan membuat kulit lebih sehat serta mampu mengatasi stress. Manfaat oksigen untuk mengatasi stress inilah yang mendasari mengapa banyak orang yang melakukan berbagai macam teknik pernafasan untuk mengatasi stress. Manfaat oksigen memang terbilang menyeluruh, namun saat kita hidup dizaman modern akan banyak sekali kendala dan ancaman polusi udara disekitar kita.

1 komentar: