Minggu, 29 Maret 2015

Kunyit putih senjata alami untuk kanker

Belakangan ini marak dijualkunyit putih, kunir putih atau disebut juga temu putih baik yang berbentuk rimpang, irisan rimpang maupun yang sudah menjadi bubuk dan dikemas dalam sachet. Kabarnya kunyit putih memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan terutama sebai obat alami untuk mencegah dan mengobati tumor dan kanker. Namun sayangnya banyak konsumen yang salah pilih, karena banyak dari sekian merk dagang yang ada ternyata bukan kunyit putih asli.

Kunyit atau temu putih seperti halnya temu mangga, temu lawak, temu kunci, temu hitam dan temu-temuan lainnya sesungguhnya bukanlah barang asing. Sejak zaman dahulu empu-empuan sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata empu sendiri digunakan untuk menyebut tanaman yang
mempunyai rimpang atau akar tinggal. HIngga kini selain sebagai bumbu masak, empu-empuan banyak digunakan sebagai obat tradisional, bahan pewarna serta bahan baku kosmetika.

Bila saat ini kunyit putih muncul sebagai primadona hal ini bisa dikarenakan kunyit putih memiliki zat anti kanker. Seperti sudah diketahui bahwa kanker adalah penyakit yang sangat mematikan dan banyak penderita baru mengetahuinya saat sudah terlanjur pada stadium lanjut. Selain juga mahalnya pengobatan untuk kanker, yang juga ikut menaikkan pamor kunyit putih. Namun jangan salah, kerena kenaikan pamor tersebut saat ini banyak dijual kunyit putih dadakan, yang justru bukan kunyit putih asli.

Rimpang yang "katanya" disebut sebagai obat kanker diantaranya adalah kunci pepet, temu mangga, dan curcuma alba. Kendati tidak berkhasiat untuk kanker bukan berarti temu mangga dan kunci pepet tidak memiliki khasiat lain bagi kesehatan. Kunci pepet banyak digunakan sebagai jamu dan campuran pembuatan kosmetik tradisional. Untuk pengobatan bagian luar rimpangnya yang digiling halus bisa digunakan untuk mengempeskan bagian tubuh yang bengkak memar akibat benturan, mempercepat penyembuhan bisul serta penyembuhan luka. Sedangkan bila direbus kemudian airnya diminum akan berkhasiat mengatasi gangguan saluran cerna, mengurangi rasa mulas pada perut, memperlancar buang angin dan sebagai obat perangsang nafsu makan.

Kunyit putih asli

Kunyit putih yang asli sepintas lalu mirip dengan temu lawak, bedanya terletak pada rimpangnya. Bila temu lawak rimpangnya berbentuk bulat/lonjong dan berukuran cukup besar sedangkan pada kunyit putih rimpangnya bulat panjang dengan diameter 4-6 meter, bercabang dan dikelilingi rimpang kecil-kecil. Disamping itu bila dibelah rimpang temu lawak berwarna kuning jungga, sedangkan kunyit putih berwarna putih sedikit kuning. Jika tanamannya dicabut nampak akarnya agak kaku dan bagian-bagian yang menggelembung yang disebut dengan akar air.

Rimpang merupakan sumber pati dan rimpang kunyit putih mengandung air 70%, pati 12% dan mineral lain termasuk minyak asiri dan selulosa 18%. Didalam minyak asiri yang berkhasiat ini terkandung zat-zat seperti d-a-pinin,d-kampin, kineol,a-khampor,d-borneol, sesquiterpin, sesquiterpenol. Karena mudah dicerna rimpang ini baik bagi sebagai bahan makanan untuk diet dan bayi.

Tanaman ini banayak tumbuh didaerah asia selatan, asia tenggara, cina dan taiwan. Kunyit putih inilah yang mampu melawan kanker, melancarkan peredaran darah dan menghilangkan bengkak. Namun bukan berarti kunyit putih ampuh untuk mengobati segala jenis kanker, karena pada umumnya digunakan untuk pengobatan kanker kulit, kanker serviks, dan kanker vulva. Khasiat lainnya dari rimpang ini adalah untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid tiba. Kunyit putih asli memang jarang dijual dalam bentuk bubuk/produk olahan, dan jarang juga ditemui di banyak pasar termasuk pasar tradisional.

Untuk membuta ramuan obat penghancur kanker, kunyit putih tidak akan mampu bekerja sendiri, melainkan membutuhkan beberapa tanaman lain yang berkhasiat untuk mengecilkan tumor, membuang racun serta tanaman obat utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar