Minggu, 29 Maret 2015

Konsumsi sarapan dengan tepat

Sarapan pagi memang sangat diperlukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Saat  tidur tubuh kita sebenarnya masih menggunakan energi untuk menjaga jantung agar tetap berdetak. Dan saat pagi tiba bahan bakar kita akan habis dan diperlukan isi ulang agar tetap fit dalam menjalani aktifitas. Mungkin masih terdapat pola pikir yang salah pada beberapa orang mungkin jarang mengkonsumsi makanan dipagi hari, atau mereka yang diet ketat bahkan menghindari sarapan. Hal ini merupakan sesuatu yang salah karena jika tidak sarapan maka tidak akan ada energi masuk untuk beraktifitas. Anda akan merasa cepat lelah dan cepat lapar. Bila anda mencoba menahannya maka konsentrasi juga akan ikut menurun. Tiba disiang hari kemungkinan anda akan mengkonsumsi lebih banyak makanan, atau jauh lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut bisa menyebabkan kantuk dan tentu bukan merupakan pola makan yang baik. Oleh karena itu sempatkanlah sarapan pagi yang hanya membutuhkan beberapa menit saja.



Jika anda memang tidak sempat sarapan maka boleh-boleh saja membawa bekal untuk dimakan didalam mobil seperti roti lapis/sandwich dan hindari makanan berlemak tinggi seperti mayonaise.
Sebagai pelengakap anda bisa membawa jus buah tanpa gula atau buah potongan. Ingat untuk menghindari makanan berlemak tinggi yang terlalu berat, hanya konsumsi makanan sehat untuk menyediakan cukup energi untuk beraktifitas.

Menu sarapan yang pas adalah terdiri dari karbohidrat, protein, serat, serta makanan dengan lemak rendah dan juga rendah gula. Hindari makanan seperti gorengan, kentang goreng, daging berlemak atau makanan berminyak lain. Nutrisi sangat dubutuhkan oleh tubuh saat pagi hari, jadi jangan sampai salah dalam memilih makanan. Berikut adalah beberapa makanan sebagai alternatif sarapan anda :

- Roti panggang dan telur

- Oatmeal dan buah

- Roti panggang dan keju

- Sebegai pelengkap anda bisa mengkonsumsi buah, susu, yoghurt rendah lemak, madu serta makanan sehat lain.

Sarapan pagi akan memberikan banyak sekali manfaat diantaranya adalah :

- Meningkatkan konsentrasi serta menyediakan energi cukup untuk aktifitas

- Menghindari mengkonsumsi makanan yang kurang perlu(ngemil)

- Memicu terjadinya metabolisme

- Memicu penyerapan serat.

1 komentar: