Sabtu, 21 Maret 2015

Alasan mengapa kita selalu lelah

Alasan dibalik rasa lelah yang sering kita alami bukan hanya masalah kurang tidur tetapi juga melibatkan beberapa faktor lain baik faktor mental maupun fisik. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang buruk yang menjadi biang keladi lelah yang selalu kita alami 

1. Melewatkan latihan saat lelah 
Setelah kita olah raga berat biasanya badan akan pegal dan capek seharian bahkan lebih. Saat tersebut merupakan saat termalas untuk berolah raga. Jika anda mengalami momen tersebut maka lawanlah dengan berolah raga, karena penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga ringan ketika mengalami kelelahan mendapatkan tubuh yang lebih berenergi, masa lelah berkurang, sistem
kardiovaskular berjalan lebih baik serta mampu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. Pilihan olah raga ringan yang dapat dilakukan adalah berjalan atau berlari dll. 

2. Tidak mengkonsumsi cukup air putih
Sedikit saja kita dehidrasi yakni 2% saja kandungan air kita berkurang maka akan mampu menguras energi kita. Dehidrasi menyebabkan penurunan pada volume darah sehingga membuat darah lebih kental yang membuat jantung kita memompa darah kurang efektif sehingga menurunkan transportasi oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. Paling tidak kita membutuhkan air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari. 

3. Tidak mengkonsumsi cukup zat besi 
Kekurangan zat besi bisa membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak fokus. Penyebabnya adalah kurangnya oksigen yang mencapai otot dan jaringan tubuh. Tingkatkan konsumsi zat besi untuk mencegah anemia. Zat besi banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau. kacang kacangan, tahu, telur, serta makanan kaya akan vitamin C. 

bersambung.....
http://www.health.com/health/gallery/0,,20818045_4,00.html

1 komentar: