Jumat, 17 April 2015

Radang pada usus buntu

Gejala usus buntu meradang bisa dirasakan secara langsung oleh pasien yakni nyeri pada perut bagian kanan. Usus buntu yang meradang merupakan masalah yang bisa membuat kita kalang kabut dan cara penyembuhannya adalah dengan operasi pembedahan untuk menghentikan infeksi. Lalu bagaiman gejala dari radang usus buntu?



Apendisitis/radang usus buntu biasanya muncul secara mendadak, dan bisa timbul dalam waktu 1/2 hari. Berikut adalah penjelasannya:
 1. Rasa nyeri pada perut bagian bawah, termasuk juga bagian kanan perut.
 2. Rasa ini sangat terasa, apalagi dipakai untuk berjalan
 3. Nafsu makan menurun, muntah-muntah dan mual-mual
 4. Demam dan merasa lelah
 5. Konstipasi/diare

Bila anda mengalami beberapa hal diatas cobalah memeriksakan ke dokter kemungkinan anda terserang radang usus. Biasanya dokter akan banyak bertanya tentang gejala-gejala yang anda alami, memeriksa bagian perut, melakukan pemeriksaan panggul serta melakukan pemeriksaan darah, urine,
Rontgen, USG CT scan atau mungkin pemeriksaan lainnya. Penyakit ini tidak bisa diobati dan hanya bisa diatasi dengan operasi pembedahan apendiktomi untuk mengangkat usus buntu yang meradang. Pengangkatan usus buntu sangat diperlukan karena bila semakin parah akan semakin membahayakan, dan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara menyeluruh dalam jangka panjang. Bentuk usus buntu sendiri seperti saluran berukuran jari kelingking, dan sampai saat ini belum diketahui dengan jelas fungsinya, namun bila tersumbat bisa mengakibatkan infeksi.

Berikut adalah masalah yang biasa terjadi
1. Peradangan atau inflamasi
 Peradangan terjadi akibat sumbatan sisa kotoran sehingga cairan tidak bisa mengalir bebas dalam usus buntu. Karena hal tersebut usus buntu bisa mengalami pembengkakan yang diakibatkan oleh infeksi.
2. Perforasi
 Ini merupakan penyakit lanjutan dari peradangan yakni usus yang telah mengalami peradangan akan mengalami perforasi/pecah dan isinya(yang telah terinfeksi)akan bocor yang dapat menyebabkan penyakit lebih parah yakni abses atau peradangan terhadap selaput perut.

Operasi untuk tindakan penyembuhan dari radang usus
 Operasi terbuka : dilakukan dengan membuat 1 sayatan sepanjang kurang lebihi 5cm pada bagian sebelah kanan perut , namun sayatan ini bisa saja lebih panjang jika usus buntu anda telah mengalami porforasi.
 Operasi laparoskopi:Dilakukan dengan membuat 2-4 sayatan, satu di dekat pusar dan lainnya didaerah perut. Cara ini akan menggunakan selang halus dengan kamera yang akan dimasukkan melalui sayatan tersebut. Kamera berfungsi untuk merekam kondisi dalam perut sebagai gambaran untuk membantu jalannya operasi, dan peralatan yang diperlukan untuk operasi akan dimasukkan melalui sayatan yang lain.

1 komentar:

  1. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali informasinya...

    http://landongobatherbal.com/pengobatan-alami-infeksi-usus/

    BalasHapus