Minggu, 26 Oktober 2014

Tangkal radikal bebas agar awet muda

Seiring berjalannya waktu tubuh kita semakin lama akan semakin menua. Penuaan tersebut ditandai dengan berbagai macam perubahan, termasuk perubahan kulit yang semakin keriput. Penuaan memang terjadi secara alami, namun radikal bebas turut mempercepat proses tersebut. Radikal bebas bisa terbentuk dari dalam tubuh karena pemecahan zat gizi ataupun pernafasan serta dapat terbentuk dari luar tubuh akibat asap rokok, polusi, herbisida, ozon, dan berbagai macam unsur kimia lain. Radikal bebas bekerja dengan lambat namun pasti untuk membuat kerusakan jaringan/sel secara berantai yang mengakibatkan mudahnya terserang penyakit dan kulit semakin keriput. Lalu adakah cara untuk memperlambat hal tersebut? 


Ya, tentu saja ada. Mungkin anda pernah mendengar tentang anti oksidan. Antioksidan merupakan zat yang diproduksi oleh tubuh secara alami untuk melawan radikal bebas. Seiring pertambahan usia, produksi zat antioksidan akan semakin menurun dan tubuh tidak mendapat asupan zat yang cukup. Untuk mengatasinya kita memerlukan konsumsi berbagai buah, sayur, makanan, serta multivitamin dari luar. Zat antioksidan bisa kita dapatkan pada makanan yang mengandung flavonoid, lipoic, asam alpha, koenzim Q10, anthosianin, licopenen, lutein, silenium, beta karoten, vitamin E dan berbagai macam senyawa anti oksidan lain. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung beberapa senyawa diatas kita akan mampu mengatasi penuaan dini, mencegah berbagai macam penyakit, dan mencegah penurunan fungsi organ tubuh yang tentunya akan membuat kita semakin awet muda. Beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah : 

Buah
Sudah tidak diragukan lagi buah merupakan makanan sehat wajib konsumsi setiap hari. Buah yang mengandung antioksidan tinggi antara lain stroberi, bluberry , kismis, cranberry, raspberry dll. 

Sayuran 
Ini adalah makanan wajib konsumsi tiap hari karena juga mengandung anti oksidan tinggi. Sebut saja lobak, sawi, kol, kubis, serta brokoli. 

Makanan lain
Makanan lain seperti teh hijau, biji-nijian, kacang dan minyak zaitun juga mengandung anti oksidan tinggi. 

Di masa muda kesehatan perlu kita jaga, lebih lebih dimasa tua. Konsumsi beberapa hal diatas akan banyak membantu menjaga tubuh tetap sehat dan awet muda. 

1 komentar: