Selasa, 07 Oktober 2014

Manfaat Ajaib buah pisang

Di Indonesia pisang merupakan buah yang sangat mudah dijumpai diwilayah manapun. Pisang dijual relatif murah dan memiliki banyak varian serta memiliki berbagai macam ukuran. Beberapa varian memiliki rasa yang manis dan bisa dikonsumsi langsung sehingga memberikan nutrisi untuk menunjang kesehatan. Nutrisi yang terkandungpun terbilang cukup banyak dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat tersebut adalah: 

1. Menurunkan depresi
Pisang mengandung Asam amino triptofan yang membantu tubuh memproduksi serotonin yakni zat kimia otak yang mampu mempengaruhi suasana hati. Depresi diakibatkan oleh kadar serotonin yang rendah didalam tubuh dan berbagai studi telah menunjukkan bahwa orang yang depresi memiliki kadar triptofan yang rendah pula. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang sangat bermanfaat memproduksi serotonin dari asam amino triptofan. Salah satu gejala depresi adalah susah tidur, dan lagi-lagi pisang mampu mengatasi masalah insomnia karena manfaat triptofan yang mampu mempermudah tidur. Saat depresi seseorang akan cenderung cepat lelah dan sangat sulit berkonsentrasi. Hal ini bisa diakibatkan karena rendahnya kadar neropinephrine dalam tubuh. Pisang mengandung asam amino dan vitamin B6 yang mampu memproduksi norepinephrene yang akan  meningkatkan aktivitas otak dan membuat kita mudah berkonsentrasi. Namun jika anda mengalami depresi berlebihan jangan hanya bergantung pada buah pisang untuk mengatasinya, karena pisang hanya memproduksi triptofan dalam jumlah sedikit.

2. Menurunkan Berat Badan
Pisang memiliki rasa yang manis dan jika dipagi hari anda biasa menimun minuman yang manis anda bisa menggantinya dengan pisang. Sebiji pisang dengan panjang kurang lebih 10 cm mampu menyediakan energi sebanyak 90 kalori. Kandungan serat yang terdapat pada pisang juga cukup tinggi. Serat tersebut merupakan serat larut yang mampu menyerap air dalam saluran pencernaan dan memperlambat pencernaan sehingga makanan akan berada lebih lama dalam perut anda dan sedikit memberikan rasa kenyang. OLeh karena itu dianjurkan untuk memakan pisang sebelum makan agar makan anda tidak berlebihan.

3. Buahnya para atlet
Atlet memiliki aktifitas fisik yang sangat berat yang sangat membutuhkan nutrisi untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Sebiji pisang mengandung 120 kalori dan 17 gram gula. Kandungan karbohidrat yang tinggi tersebut mampu memberikan suntikan energi dengan cepat serta kandungan 1,5 gram protein dapat membantu memberi makan otot. Kombinasi vitamin dan mineral yang terkandung dalam pisang juga membantu seorang atlit tetap konsentrasi dan energik. Beberapa kandungan tersebut adalah : potassium, tyrosine, vitamin B6, zat besi dan vitamin C.

4. Beberapa manfaat lain 
Pisang memiliki kandungan gizi yang cukup bervariasi. Berikut adalah beberapa kandungan pisang dan manfaatnya :

- Potassium
Potassium bekerja bersama sodium, air dan nutrisi lain untuk mengontrol tekanan darah. Menusia dewasa membutuhkan kandungan potassium sebanyak 4,7 gram sehari namun para atlet akan membutuhkan lebih. Satu 1 biji pisang mengandung 500 mg potassium yang akan membantu memenuhi kebutuhan potassium dalam tubuh. Kekurangan potassium dapat berakibat buruk, yakni meningkatnya tekanan darah.
- Serat
Sebiji pisang mampu memenuhi 10% kebutuhan tubuh akan serat. Hal ini sangat bermanfaat untuk percernaan maupun diet seperti yang kita bahas diatas.

Menyimpan Pisang
Pisang yang belum matang tidak boleh ditaruh pada suhu terlalu dingin atau terlalu panas, dan biarkan dia matang dalam temperatur ruang. Bila anda menaruh pisang dalam lemari es maka akan mengganggu proses pematangan, dan proses pematangan tersebut tidak bisa dilanjutkan setelah anda menaruhnya dalam suhu ruangan kembali. Kita dapat menyimpan pisang dalam kultas setelah mereka matang. Didalam kulkas kulit akan berwarna gelap, namun hal ini tidak berpengaruh pada kondisi daging didalamnya. Didalam kulkas pisang akan tahan selama beberapa hari, namun jika anda ingin tahan lebih lama caranya adalah menyimpan pisang dalam freezer. Kita bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu untuk menyimpan dagingnya dalam kantong plastik dan menaruhnya dalam freezer. Cara ini mampu membuat pisang bertahan selama 2 bulan. Untuk penyajian terbaik dan rasa yang lezat ketika dimakan, kita dianjurkan mengeluarkan pisang dari kulkas dan menaruhnya dalam suhu ruangan sehingga tidak terasa dingin dan lebih lezat.

Batasan dalam mengkonsumsi pisang
Pisang memang sangat bermanfaat dan mengandung banyak nutrisi, namun jangan salah karena ada beberapa hal yang perlu kita waspadai. Makan terlalu banyak buah pisang justru akan berakibat buruk seperti menambah berat badan dan menaikkan kadar gula dalam darah. Jika tidak diimbangi dengan cukup olahraga pisang berlebihan justru mampu menambah berat badan, hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang tinggi yang cepat diserap oleh tubuh. Para ahli gizi merekomendasikan tidak memakan pisang lebih dari 2 biji setiap hari untuk mencegah berbagai hal buruk diatas.

Kandungan Nutrisi buah pisang 
- Vitamin B6 : 0.5 mg
- Mangan : 0.3 mg
- Vitamin C : 9 mg
- Kalium : 450 mg
- Dietary Fiber : 3g
- Protein : 1 g
- Magnesium : 34 mg
- Folat : 25.0 mcg
- Riboflavin : 0.1 mg
- Niacin : 0.8 mg
- Vitamin A : 81 IU
- Zat Besi : 0.3 mg

1 komentar: