Jumat, 31 Januari 2014

Bagaimana cara mencegah selulit

Slogan "lebih baik mencegah daripada mengobati" adalah sangat sesuai dengan masalah kesehatan apapun, tidak terkecuali selulit. Lalu Bagaimana cara mencegah munculnya selulit?
Selulit adalah sesuatu yang banyak dikhawatirka oleh kaum hawa. Selulit adalah seuatu yang dapat dicegah baik pada perempuan maupun laki-laki, walaupun lebih banyak wanita daripada pria yang terkena. Hal ini biasanya dimulai setalah masa pubertas pada wanita, dan sebagian besar terlihat di bagian bawah tubuh seperti kaki dan pantat. Hampir setiap perempuan terkena selulit, baik selulit dengan penampilan garis-garis putih ataupun selulit yang belum terlihat sama sekali.

Jaringan ikat pada perempuan kurang fleksibel, sehingga ketika badan mereka mengembang dikarenakan oleh kenaikan berat badan, maka jaringan ikat berupa kolagen dan elastin akan pecah dan lemak akan mengisi daerah tersebut. Apabila terkena, tentu akan jauh lebih sulit untuk mengobatinya, namun apabila kita sudah mengetahui informasi sejak dini kita akan lebih mudah mencegahnya. Berikut adalah cara sederhana mencegah selulit:

- Ubah Diet Anda. Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat, teruatama  sayuran dan buah-buahan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi garam, karbohidrat, dan makanan berlemak. Pastikan Anda mendapatkan asupan harian yang mengandung cukup  serat dan protein. Tanyakan profesional/dokter untuk info lebih lanjut tentang diet sehat.
- Berolah raga/aktifitas fisik
Cara mencegah selulit yang satu ini sebenarnya sudah banyak dibahas diberbagai artikel online. Memang inilah salah satu cara yang paling efektif mengusir selulit. Gunakanlah latihan kardio dan latihan kekuatan otot agar mencapai hasil maksimal. Fokuskanah olah raga pada daerah yang terkena selulit, misal untuk mencegah  selulit diperut dengan banyak-banyak melakukan sit up.
- Berhenti merokok
Merokok telah terbukti sebagai salah satu penyebab selulit, hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk seperti alkohol, kopi, dan racun-racun lain yang dapat memicu selulit. Berhentilah, karena selain dapat bermasalah dengan kulit, beberapa hal diatas dapat mengakibatkan penyakit yang serius berupa gangguan janin, kanker, dan masalah pernafasan.
- Cintailah gaya hidup sehat
Dengan gaya hidup sehat secara otomatis selulit tidak akan menghampiri anda.

Ada banyak krim, lotion/minyak yang saat ini ada dipasaran yang dapat anda coba. Namun selalu ingat bahwa Gaya hidup sehat adalah cara yang terbaik untuk mengurangi/ mencegah selulit. Gunakan uang Anda untuk berinvestasi dalam peralatan olahraga dan makanan sehat daripada membeli krim dan lotion untuk mencegah selulit.

- Relax/ santai
Gunakanlah teknik pernafasan/meditasi atau apapun untuk menjadikan kita relax. Pijat juga memberikan efek relax.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar